facebook

5 Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda, Jangan Malas Olahraga!

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda, Jangan Malas Olahraga!
Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah. (Shutterstock)

Berikut beberapa hal penting soal cara menurunkan darah tinggi di usia muda. Yuk, simak!

Suara.com - Bukan hanya dialami orang tua, anak muda rupanya juga dapat menderita tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat dipengaruhi beberapa faktor mulai dari gaya hidup sampai faktor genetik. Lalu, bagaimana cara menurunkan darah tinggi di usia muda yang efektif?

Salah satu faktor utama mengapa anak muda juga mengalami tekanan darah tinggi adalah produksi hormon yang tidak stabil. Kondisi ini lagi-lagi dipengaruhi beberapa hal tak terkecuali pola pikir dan suasana hati.

Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah yang tinggi atau hipertensi apabila tekanan darah mereka berada di kisaran angka 140/90 milimeter merkuri (mmHg)

Nah, sebelum terlambat, yuk cegah tekanan darah tinggi di usia muda dengan 5 cara berikut.

Baca Juga: 4 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh, Kuncinya Konsumsi Makanan Sehat

Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)
Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

Berhenti merokok

Peningkatan tekanan darah serta detak jantung, salah satunya dapat dipicu dari nikotin yang ada dalam asap rokok.

Selain itu, nikotin dapat mempersempit dinding arteri sehingga dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah. Oleh karenanya, salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda dapat dilakukan dengan berhenti merokok.

Perbanyak konsumsi bayam

Seperti yang tertulis pada laman Medicalnewstoday, bayam memiliki kandungan zat besi, vitamin, serat, dan mineral yang tinggi. Bermacam kandungan ini dipercaya mampu menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit salah satunya darah tinggi.

Baca Juga: 6 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Salah Satunya Ganti Camilan dengan Menu Ini

Tingginya kalium dalam bayam juga cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah.

Hindari makanan cepat saji

Fast food atau makanan cepat saji memang menjadi jalan pintas anak muda yang membutuhkan asupan makanan. Sesekali hal itu mungkin boleh-boleh saja.

Namun, perlu diketahui bahwa makanan cepat saji khususnya yang berlabel low fat pada umumnya justru memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

Olahraga teratur

Dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur, jantung akan menjadi lebih kuat sehingga dapat memompa darah dengan usaha yang lebih kecil.

Jadi, tekanan pada arteri akan berkurang dan tekanan darah juga bisa jauh lebih rendah.

Batasi asupan garam

Pada sebuah artikel di laman Guardian, seorang ketua Asosiasi tekanan Darah, dan professor kedokteran kardiovaskular di London School of Medicine menyampaikan pentingnya mengurangi asupan garam.

"Kami memiliki tujuh atau delapan bukti di mana semuanya mengarah pada konsumsi garam. Dengan begitu, saya tahu bahwa dengan mengurangi asupan garam sampai setengahnya, tekanan darah juga akan berkurang," ujar dia.

Itulah tadi beberapa hal yang perli diperhatikan soal cara menurunkan darah tinggi di usia muda. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar