alexametrics

Ini Ragam Masalah yang Dihadapi Brand Makanan Sehat di Indonesia

Risna Halidi
Ini Ragam Masalah yang Dihadapi Brand Makanan Sehat di Indonesia
Ilustrasi Makanan Sehat. (freepik.com)

Di Indonesia, tak banyak brand makanan sehat yang mampu bertahan lama.

Suara.com - Masyarakat Indonesia telah lama memahami pentingnya gaya hidup sehat terutama lewat kebiasaan mengonsumsi makanan sehat seimbang.

Hanya saja, tak banyak brand makanan sehat yang mampu bertahan lama. Hal itu diakui oleh CEO PT Pelopor Karya Boga, Richard Theodore.

Lelaki yang juga bergelut dengan brand makanan sehat Summer Minibar itu mengatakan, pasar makanan Indonesia belum terbentuk sempurna sehingga membuat banyak brand makanan sehat berguguran.

"Brand yang menjual konsep sehat di Eropa sudah tinggi sekali dan sudah terbentuk pemahaman baik tentang hidup sehat. Namun di Indonesia, jarang brand sehat bisa bertahan karena market yang belum terbentuk," katanya dikutip Suara.com dari siaran pers, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh, Diklaim Bantu Cegah Alzheimer

Richard memaparkan, ia memulai dan membangun usaha produk sehat selalu dengan konsep Comfort Healthy Food and Drinks di mana produk yang dijual harus memiliki rasa enak, nyaman, dibuat demgan jumlah kalori yang rendah, memiliki legalitas dengan uji lab yang jelas serta harga terjangkau.

Saat ini Summer Minibar brand smoothies sudah memiliki 50 cabang per Oktober 2021. Semua produk 100 persen dibuat segar dengan bahan baku lokal yang berasal dari prodak petani indonesia

Pemilihan bahan baku 100 persen lokal ini umumnya datang dilakukan agar brand sehat tetap bisa dibandrol dengan harga terjangkau. Selain itu, Richard juga ingin memberdayakan petani lokas terutama yang berasal dari Lampung.

"Namun kami juga tidak menutup kemungkinan untuk distributor-distributor yang mau mensupply buah-buah segar ke Summer Minibar. Kami mengutamakan kualitas pemilihan buah dan sayuran untuk yang bisa disajikan karena buah segar segar 100 persen yang masa gunanya sangat pendek jadi pengelolahan sangat hati-hati."

Pada prosesnya, buah dan sayuran akan diolah dan sterilisasi terlebih dahulu sebelum masuk proses produksi.

Baca Juga: Sedang Diet? Hati-Hati saat akan Mengonsumsi 3 'Makanan Sehat' Berikut Ini!

Saat ini Summer Minibar memiliki dua varian Summer Minibar utama yaitu Shirataki burger dan smoothies. Ada tiga menu smoothies yaitu favorit Smoothies Alabama Sunrise, Avocado Colada and Coffee dan Ed’s Sunset.

Komentar