alexametrics

Dear Orangtua, Simak Tips Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar dari Rumah

Bimo Aria Fundrika
Dear Orangtua, Simak Tips Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar dari Rumah
Dear Orangtua, Simak Tips Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar. (Dok: Zenius)

Dalam prosesnya, tak sedikit orang tua yang merasa kaget, bingung, maupun lelah dalam menghadapi keadaan baru tersebut.

Suara.com - Sejak kegiatan belajar jarak jauh dimulai, orang tua memiliki peran baru, yaitu menjadi pendamping belajar anak di rumah. Layaknya di sekolah, anak juga perlu didampingi saat belajar dari rumah.

Dalam prosesnya, tak sedikit orang tua yang merasa kaget, bingung, maupun lelah dalam menghadapi keadaan baru tersebut. Banyak tantangan yang dihadapi saat menjadi guru bagi anak. Namun, orang tua perlu beradaptasi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.

Selama ini mungkin banyak orang tua yang dalam benaknya pernah terbesit pertanyaan-pertanyaan. Nah, bagi kamu orangtua yang mendampingi anak belajar di rumah, dikutip dari siaran pers dari platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, berikut beberapa tips agar orang tua tidak mudah lelah dalam mendampingi anak belajar.

Beri ruang bagi diri sendiri

Baca Juga: Perlu Pemeriksaan Lanjut, Dokter RSA UGM Ungkap Gejala dan Tips Mencegah Gagal Jantung

Dear Orangtua, Simak Tips Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar. (Dok: Zenius)
Dear Orangtua, Simak Tips Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar. (Dok: Zenius)

Penting bagi orang tua untuk memberi jeda pada diri. Cobalah untuk mendengarkan pikiran dan rasakan segala pikiran yang muncul. Berikutnya, lakukan temperature check dengan memejamkan mata dan fokus di segala sensasi yang ada di tubuh.

Terima semua perasaan dan pikiran, kenali kapasitas diri, dan berdamai dengan diri sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan para orang tua bisa menyayangi diri sendiri serta fokus terhadap diri sendiri sebelum mendampingi putra maupun putri mereka belajar.

Cek kondisi sekitar

Ciptakan kondisi yang kondusif agar kegiatan pembelajaran berlangsung dengan nyaman. Hal-hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur posisi duduk yang ideal, menghindari ruangan bising yang dapat mempersulit konsentrasi, serta mengatur suhu ruangan yang pas.

Kalau selama ini orang tua merasa mudah lelah, mungkin kondisi sekitar belum cukup nyaman. Kondisi yang nyaman membantu kita untuk lebih betah berlama-lama mendampingi buah hati.

Baca Juga: Jangan Menyerah! Ini 4 Tips Memperbaiki Hubungan yang Hampir Putus

Kenali peran orang tua

Komentar