alexametrics

Ini Alasan Mengapa Kondom Jadi Pilihan Terbaik untuk Seks yang Aman

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Ini Alasan Mengapa Kondom Jadi Pilihan Terbaik untuk Seks yang Aman
Ilustrasi seks yang aman (Freepik)

Kondom dapat mencegah penyakit infeksi menular seksual dan sekaligus mencegah kehamilan yang tak diinginkan.

Suara.com - Melakukan hubungan seks yang aman dan nyaman sangatlah penting untuk kesehatan, termasuk kesehatan mental perempuan. Selama ini, kebanyakan perempuan mengandalkan pil kontrasepsi sebagai metode pencegah kehamilan. Tapi kini, disebut bahwa kondom jadi pilihan yang terbaik jika bicara soal seks yang aman.

Melansir dari Healthshots, sebuah penelitian yang terbit di BMC Health Services menyebutkan, pilihan kontrasepsi saat ini semakin bervariasi, yang semua berujung pada meningkatkan kesadaran tentang keamanan seksual.

Selain pil kontrasepsi, kini kondom disebut sebagai pilihan yang lebih baik dalam hal seks yang aman, yaitu mencegah penyakit infeksi menular seksual dan mencegah kehamilan yang tak diinginkan.

Meski ada mitos yang menyebut bahwa kondom bisa menurunkan libido, menyebabkan impotensi, dan mengganggu kenikmatan seksual, faktanya tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan kondom dapat menyebabkan risiko tersebut.

Baca Juga: California Larang Lepas Kondom Tanpa Izin saat Bercinta, Dianggap Pelecehan Seksual

Jika dilihat secara jangka panjang, kondom memang layak menjadi pilihan yang lebih baik dibanding alat kontrasepsi lainnya.

Hal ini karena kondom memiliki keunggulan lain dibanding alat kontrasepsi lainnya, mulai dari harganya yang murah, melindungi dari infeksi menular seksual (PMS), serta tidak menimbulkan efek samping.

Sedangkan, seperti kita tahu, penggunaan pil kontrasepsi memberi efek samping berupa perubahan hormonal yang salah satunya bisa berdampak pada penurunan libido perempuan.

Bahkan bagi pria yang mudah ejakulasi dini, penggunaan kondom disebut dapat mengatasi masalah tersebut. Bahkan, penggunaan kondom bisa mempertahankan ereksi lebih lama.

Baca Juga: Kondom Akan Efektif Jika Dipakai secara Benar, Ketahui Kesalahan Pemakaiannya!

Komentar