alexametrics

Wisata Guci Tegal, Pilihan Terbaik Liburan Bareng Teman dan Keluarga

Rima Sekarani Imamun Nissa
Wisata Guci Tegal, Pilihan Terbaik Liburan Bareng Teman dan Keluarga
Sejumlah wisatawan bermain air pemandian pancuran 13 di Obyek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (15/6). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Apa saja yang bisa dinikmati saat berkunjung ke wisata Guci? Yuk, simak!

Suara.com - Wisata Guci Tegal, merupakan salah satu alternatif lokasi berlibur yang cocok untuk dikunjungi baik dengan teman maupun keluarga. Terletak di kaki Gunung Slamet, wisata Guci menawarkan pemandangan indah serta suasana menyejukkan yang sangat cocok dinikmati pada akhir pekan.

Salah satu spot yang paling ramai didatangi wisatawan di sini adalah pemandian air panas yang berasal dari sumber alami.

Kini, Guci semakin cantik dan menarik perhatian wisatawan dengan adanya spot baru berupa jembatan kaca. Meski begitu, kamu harus rela antri terlebih dahulu untuk selfie di sana. Karena demi keselamatan, jumlah pengunjung di jembatan kaca wisata Guci sangat dibatasi.

Wisata Guci memiliki total area sumber air panas hingga 210 hektar, dengan daya tarik 13 pancuran yang tidak pernah berhenti dialiri air.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Jawa Barat Harga Bersahabat, Jangan Takut Jajan!

Petugas mengecek suhu air di Obyek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jateng, Jumat (2/5). [Antara/Oky Lukmansyah]
Petugas mengecek suhu air di Obyek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jateng, Jumat (2/5). [Antara/Oky Lukmansyah]

Secara administratif, berdasarkan data Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal, wisata Guci memiliki luas sekitar 167,44 hektar, dengan panjang 2,5 km dan lebar 2 km.

Jika terlalu lelah selama di perjalanan, kamu tidak perlu khawatir. Telah tersedia beragam pilihan penginapan di kawasan wisata Guci, mulai dari hotel, villa, sampai pondok wisata.

Lokasi Wisata Guci Tegal:

Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Tiket Masuk:

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Salatiga Hits dan Legendaris, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

  • Air panas Guci: Rp40.000
  • Pancuran 13: Rp4.000
  • Baron Hill: Rp15.000
  • Jembatan Kaca: Rp10.000

Jam Buka Wisata Guci:

Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB (Kecuali area camping dan penginapan)

Rute Menuju Wisata Guci Tegal

Tempat wisata Guci berada 43 kilometer dari Kabupaten Tegal. Dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, jarak terebut dapat ditempuh selama 1 jam 40 menit perjalanan.

Fasilitas:

  • Spot swafoto
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat makan
  • Wahana permainan
  • Persewaan kuda
  • Camping ground

Salah satu hal menarik dari tempat wisata Guci adalah kepercayaan warga sekitar bahwa mandi di dekat patung naga akan membawakan keberkahan dalam hidup.

Setiap malam Jumat, tepatnya jam 12 malam, di kawasan pancuran 13 khususnya wilayah patung naga, akan terlihat orang beramai-ramai mandi.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar