alexametrics

5 Makanan Khas Banjarmasin yang Patut Dicoba, Cita Rasa Khasnya Bikin Kangen

Arendya Nariswari
5 Makanan Khas Banjarmasin yang Patut Dicoba, Cita Rasa Khasnya Bikin Kangen
Lontong Orari. (Dok : Istimewa)

Mulai dari gegicak hingga lontong orari, yuk simak rekomendasi 5 makanan khas Banjarmasin berikut ini.

Suara.com - Indonesia memang kaya akan makanan khasnya dari masing-masing daerah. Buat Anda yang berencana mampir di Banjarmasin untuk liburan atau pekerjaan, sayang kalau melewatkan makanan khas Banjarmasin yang lezat berikut ini. Tak sabar, ini daftar makanan khas Banjarmasin yang nikmat dan menggugah selera!

1. Lontong Orari

Lontong orari, kuliner khas Banjarmasin. (Instagram/@lontong_orari)
Lontong orari, kuliner khas Banjarmasin. (Instagram/@lontong_orari)

Kali ini mari berkenalan dengan makanan khas Banjarmasin, yaitu Lontong Orari. Lontong yang sudah terkenal sejak 1983 ini memiliki bentuk yang unik, yaitu segitiga. Makanan berkuah santan yang gurih ini disantap bersama ikan gabus, telur, atau ayam yang dimasak merah (habang). CIta rasa rempah yang kuat digunakan dalam makanan ini, yaitu jahe, kencur, dan kayu manis.

2. Gegicak

Baca Juga: Rantai Makanan adalah Apa? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Gegicak merupakan makanan khas Banjarmasin yang memiliki tekstur kenyal dan lembut, mirip dengan lupis atau klepon. Bentuk Gegicak bulat agak pipih dan bolong di tengahnya. Layaknya donat yang diolah dari tepung ketan sebagai komponen utamanya.

3. Soto Banjar

Soto Banjar khas Banjarmasin. (Instagram/@a___dama)
Soto Banjar khas Banjarmasin. (Instagram/@a___dama)

Soto Banjar adalah salah satu jenis soto kebanggan masyarakat suku Banjar, Kalimantan Selatan. Memiliki aroma dan rasa yang kuat dari rempah-rempah khas. Keunikan kuah sotonya memiliki ciri khas berwarna keruh karena dicampur dengan susu kental manis dan telur. Selain itu, ada tambahan potongan wortel yang membuatnya berbeda dari soto lainnya. Pelengkap soto banjar ada daging ayam kampung, perkedel, telur rebus, mie soun, dan ketupat. Tambahkan potongan jeruk nipis dan sambal yang bisa diracik sendiri.

4. Nasi Itik gambut

Makan khas Banjarmasin berikutnya yang nampak sederhana namun nikmat adalah Nasi Itik Gambut. Lauk utamanya adalah daging itik atau bebek yang dipelihara dari tanah gambut. Sehingga tekstur dagingnya lembut dan tidak alot. Bumbunya dari beberapa pilihan seperti bumbu hadang dan bumbu kari khas Banjarmasin. Lauk lain dari nasi itik gambut seperti ikan haruan, telur itik, dan ampela ati.

Baca Juga: Bukan Rujak Mangga Muda, Ini Rekomendasi 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda

5. Ikan Patin Baubar

Ikan patin baubar adalah salah satu makanan laut khas Banjarmasin. Ciri khasnya adalah cara pengolahan ikan menggunakan tungku yang dibakar dengan tempurung kelapa. Ikan patin pertama dibumbui dengan bumbu rempah yang sedap. Ikan patin baubar cocok disajikan bersama nasi hangat dan sambal terasi. Bisa juga disantap bersama terong baparung yang dibakar dan diberi santan khas Banjarmasin

Nah itu tadi makanan khas Banjarmasin lezat dan menggoda yang wajib kamu cicipi saat berlibur di Kalimantan Selatan.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar