alexametrics

Tak Cuma Gudeg, Ini 5 Makanan Khas Yogyakarta yang Lezat Tak Ada Duanya!

Chyntia Sami Bhayangkara
Tak Cuma Gudeg, Ini 5 Makanan Khas Yogyakarta yang Lezat Tak Ada Duanya!
Sate Klatak. [Wikipedia]

Ada beberapa makanan khas Yogyakarta yang tak kalah lezat dan populernya di kalangan pecinta kuliner.

Suara.com - Yogyakarta tak hanya memiliki makanan khas berupa Gudeg maupun Bakpia. Terdapat beberapa makanan khas Yogyakarta yang tak kalah lezat dan populernya di kalangan pecinta kuliner.

Saat Anda sedang berada di Kota Pelajar ini, yuk sempatkan jajal makanan khas Yogyakarta yang lezat tak ada duanya!

Makanan Khas Yogyakarta

1. Sate Klatak

Baca Juga: Rekomendasi 10 Hotel Jogja Bintang 5, Liburan Mewah di Kota Gudeg

Berbeda dengan sate dari daerah lainnya, makanan khas Yogyakarta sate klatak terdiri dari sate kambing atau domba asli dari Bantul, Yogyakarta. Nama klatak berasal dari cara memanggang satenya dengan api terbuka atau “klatak” dalam Bahasa Jawa.

Cita rasa khas gurih pedas berasal dari bumbu utamanya berupa garam dan sedikit merica. Uniknya, makanan khas Yogyakarta ini menggunakan tusuk sate besi untuk memanggang. Adapun fungsi tusuk besi sate klatak ini adalah sebagai penghantar panas dan mempercepat proses daging matang secara sempurna.

Saat menyantap sate klatak, Anda bisa makan bersama dengan gulai kambing dan nasi panas. Mantap pol!

2. Soto Bathok Mbah Katro

Mengambil konsep soto solo, hal yang unik dari makanan soto adalah disajikan menggunakan bathok atau tempurung kelapa. Untuk berbagai pilihan lauk pelengkap, soto bathok mbah Karto menyajikannya untuk pelanggan dengan piring kecil dari tanah liat. Makanan khas Yogyakarta yang menggiurkan, bukan?

Baca Juga: Gudeg sampai Warteg, 5 Kuliner Daerah yang Sudah Tersebar ke Seluruh Indonesia

Rempah yang kaya dan cita rasa soto yang segar semakin menggugah selera makan soto. Segera saja merapat langsung ke Sambisari, Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Mantap, murah dan mengenyangkan perut!

Komentar