facebook

Gamofobia Adalah Ketakutan pada Pernikahan, Apakah Kamu Salah Satunya?

Farah Nabilla
Gamofobia Adalah Ketakutan pada Pernikahan, Apakah Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi Gamofobia atau Orang Ketakutan pada pernikahan. (Pexels.com/Gusti Mega )

Gamofobia biasanya disebabkan oleh rasa trauma melihat hubungan yang penuh konflik.

Suara.com - Gamofobia adalah ketakutan berlebih akan komitmen dan pernikahan. Bagi banyak orang pernikahan memang merupakan hal membahagiakan, namun tidak untuk orang-orang yang mengidap gamofobia.

Ketakutan gamofobia bukan sekadar rasa gugup saat mempertimbangkan komitmen jangka panjang, tapi juga ketakutan yang dapat mengubah hidup atau menyebabkan kecemasan dan serangan panik. Biasanya penderita gamofobia punya rasa takut berlebih akan ditinggalkan, keintiman dan mempercayai orang lain. Yuk simak langsung penjelasan detail tentang gamofobia berikut ini.

Pengertian Gamofobia

Gamofobia adalah ketakutan terhadap pernikahan dan komitmen. Biasanya hal ini ditandai dengan perasaan takut yang berlebihan dan terus-menerus untuk menjalin hubungan, membuat komitmen atau menikah. 

Baca Juga: Hadiri Acara Pernikahan Putri Tanjung, Harga Dress Nagita Slavina Bikin Warganet Hanya Bisa Tersenyum, Kenapa?

Jenis fobia ini biasanya dimulai sejak awal kehidupan, baik dipengaruhi oleh faktor tunggal maupun faktor lainnya. Namun bisanya gamofobia berasal dari rasa trauma seperti melihat hubungan yang penuh konflik dari kerabat dekat atau orang tua sehingga mengalami perceraian.

Gejala Gamofobia

Penderita gamofobia menunjukkan sikap yang lebih dari sekadar berhati-hati dan ragu untuk berkomitmen. Mereka akan mengalami ketakutan yang berlebih ketika dihadapkan dengan kenyataan hubungan, bahkan hanya ketika memikirkan kemungkinan untuk menjalin hubungan dan pernikahan.

Beberapa gejala umum dari gamofobia di antaranya adalah perasaan cemas, takut dan pani. Mereka bahkan bisa mengambil keputusan untuk menghindari hubungan seperti menjauhkan diri dari orang lain hingga putus dari orang yang sedang dikencani.

Sedangkan untuk gejala fisik, orang dengan gamofobia bisa mengalami sakit dada, sesak napas, sensasi seperti tersedak, pusing, hiperventilasi, berdebar, berkeringat, gemetar dan mual.

Baca Juga: Gegara Orang Ketiga, Pernikahan 27 Tahun Berakhir Tinggalkan Enam Buah Hati, Anak Bikin Momen Spesial di Hari Terakhir

Cara Menangani Gamofobia

Komentar