facebook

Akui Capek Menghafal Banyak Rumus Matematika, Ini Hal yang Dilakukan Jerome Polin saat Belajar Hitung-hitungan

Risna Halidi | Lilis Varwati
Akui Capek Menghafal Banyak Rumus Matematika, Ini Hal yang Dilakukan Jerome Polin saat Belajar Hitung-hitungan
Jerome Polin saat menjadi guru tamu di New Primagama (Suara.com/ Lilis Varwati)

Terkenal pandai mengerjakan berbagai soal matematika, YouTuber Jerome Polin mengaku sebenarnya juga merasa lelah harus selalu menghafal rumus.

Suara.com - Terkenal pandai mengerjakan berbagai soal matematika, YouTuber Jerome Polin mengaku sebenarnya juga merasa lelah harus selalu menghafal rumus.

Selama bersekolah, Jerome mengaku selalu menghafal berbagai rumus matematika. Hingga saat SMA, satu pertanyaan dari guru membuat Jerome mengubah cara belajarnya dalam memahami pelajaran tersebut.

"Sampai SMA, aku masih menghafal rumus sendiri. Sampai akhirnya ditanya sama guru, tahu dari mana kalau rumus itu benar. Aku pikir, iya juga. Akhirnya cara belajar aku berubah," kata Jerome dihadapan para siswa saat menjadi guru tamu di New Primagama, Fatmawati, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2022).

Sejak itu, ia tidak lagi sekadar menghafalkan rumus melainkan, mengulik asal mula rumus tersebut. Awalnya, cerita Jerome, ia belajar dari buku "Rumus Cepat Fisika" semasa sekolah. 

Baca Juga: Profil Jang Hansol, YouTuber Asal Korea 'Medhok' yang Baru Menikah

Buku tersebut ia pakai untuk menemukan asal rumus sehingga jadi lebih mudah dipahami, daripada hanya sekadar menghafal. Dari cara belajar tersebut, Jerome mengaku jadi bisa menemukan rumus-rumus cepat untuk mengerjakan soal.

"Sebenarnya aku juga gak diajarin di sekolah tapi eksplor sendiri. Jadi kalau ulangan, lupa rumus, aku bisa cari sendiri. Jadi belajar bisa yang penting-penting aja," imbuhnya.

Cara itu yang membuat dirinya jadi menyukai matematika. Bagi Jerome, pelajaran berhitung tersebut sangat menyenangkan dan sebenarnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Dulu aku juga gak suka matematika karena menurut aku monoton. Dikasih rumus, ngerjain soal. Tapi saat dihadapi ternyata dalam kehidupan ini bisa diterapkan matematika. Ketika matematika bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari itu lebih menyenangkan," ujarnya.

Baca Juga: 8 Potret Pernikahan Jang Hansol, Hanya Dihadiri Keluarga dan Teman Dekat

Komentar