Diduga Terima Suap, Jenderal Perempuan Ditangkap

Ruben Setiawan
Diduga Terima Suap, Jenderal Perempuan Ditangkap
Tentara Cina berbaris dalam pertemuan Presiden Xi Jinping dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. (Reuters)

Gao jadi jenderal perempuan pertama yang ditangkap di bawah rezim Presiden Xi Jinping.

Suara.com - Kepolisian Cina menahan seorang pejabat tinggi militer yang diduga terlibat kasus korupsi. Mayor Jenderal Gao Xiaoyan menjadi pejabat tinggi militer perempuan pertama yang dibekuk dalam operasi anti-korupsi Presiden Cina Xi Jinping.

Gao, yang menjabat deputi komisaris di Akademi Militer Engineering University, dituduh menerima suap dalam sebuah proyek pembangunan, demikian dilansir oleh media online Caixin. Gao ditangkap oleh polisi militer pada tanggal 27 November lalu.

Jenderal perempuan berusia 57 tahun asal Provinsi Shanxi itu bergabung dalam ketentaraan sejak usia 17 tahun. Ia lalu bekerja di fakultas politik di sebuah universitas di Shanxi dan di pusat riset keilmuan Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLA) sebelum akhirnya menjabat sebagai sekretaris partai di Rumah Sakit Beijing.

Dalam sebuah artikel di majalah PLA Art, Gao bertanggung jawab atas banyak proyek konstruksi di rumah sakit tersebut selama tujuh tahun dirinya menjabat. Beberapa diantaranya adalah pembangunan 15 gedung asrama dan sebuah garasi yang bisa menampung 1.000 unit kendaraan.

Sejak Presiden Xi Jinping menjabat, pemerintah giat menumpas korupsi di kalangan pejabat. Jinping mengatakan, suap mengancam kelangsungan hidup partai. (SCMP)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS