Digeser dari MKD, Junimart: Saya Nggak Enak Adili Teman-teman

Siswanto | Bagus Santosa
Digeser dari MKD, Junimart: Saya Nggak Enak Adili Teman-teman
Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Hamka Haq [suara.com/Bagus Santosa]

Hamka akan menjalankan perintah Megawati.

Suara.com - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR Junimart Girsang digeser fraksinya dari jabatan Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan. Apa alasannya?

"Secara nurani saya sampai saat ini tidak enak untuk mengawasi dan mengadili teman-teman di DPR, saya minta dirotasi ke tempat lain kalau fraksi berkenan dan kalau tidak ya saya tetap di komisi III," kata Junimart di DPR, Kamis (3/3/2016).

"‎(Di pindah kemana) terserah fraksi kecuali di badan anggaran karena nggak paham anggaran," Junimart menambahkan.

‎Sepeninggal Junimart, posisinya di MKD digantikan oleh anggota Fraksi PDI Perjuangan dari Komisi VIII Hamka Haq.

Hamka siap ditugaskan di MKD. Dia juga siap untuk menindak siapapun, termasuk rekan satu fraksi kalau terbukti melanggar etika.

Karena masih baru berurusan dengan masalah penegakan etika di parlemen, Hamka mengatakan siap belajar lagi. Selain itu, dia juga akan mempelajari dan mengkaji kasus-kasus yang sedang ditangani MKD sehingga bisa memberikan putusan yang tepat terhadap yang berperkara.

"Sepanjang berpihak pada ideologi partai, siap saja.‎ Kalau ada kader partai yang salah, sepanjang kesalahannya itu terbukti dan melanggar etik, ya kenapa harus dibela?" kata Hamka.

Hamka akan menjalankan perintah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menindaktegas kasus korupsi dan narkoba.

"Dan, ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) mengatakan, kalau korupsi dan narkoba, tidak boleh ada ampun. Kalau masalah lain yang masih abu-abu, baru dugaan dan masih bisa diperbaiki, itu yang kita lihat bagaimana orang ini diselamatkan" kata dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS