Akun Mantan Menpora Dikloning, Ini yang Diminta Pelaku

Rizki Nurmansyah
Akun Mantan Menpora Dikloning, Ini yang Diminta Pelaku
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault [suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Akun Facebook mantan Menpora Adhyaksa Dault dikloning orang tak bertanggung jawab untuk lakukan penipuan.

Suara.com - Nama mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault dicatut orang yang tidak bertanggung jawab untuk menipu melalui Facebook.

Akun palsu tersebut menggunakan nama Adhyaksa Dault, sama seperti akun asli milik Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka itu. Foto yang dipasang pun foto Adhyaksa dengan pose memakai jas hitam dan baju putih.

"Saya memiliki beberapa akun di media sosial, di antaranya instagram @adhyaksadault, twitter @adhydault dan Facebook," kata Adhyaksa dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (6/3/2017).

Dari berbagai akun media sosial itu baru akun Facebook yang diketahui dikloning atau digandakan oleh orang lain untuk menipu dengan modus mengirimkan pesan ke inbox milik teman-teman Adhyaksa Dault, diantaranya kepada Olivia Zalianty.

Isi pesannya meminta untuk dikirim pulsa ke nomor tertentu dan bantuan lainnya terkait pendanaan. Nomor yang minta diisikan pulsa adalah nomor 085276764066 dan 085269176969.

Adhyaksa menjelaskan bahwa pencatutan akun Facebook-nya baru diketahui dari salah satu temannya yang memberi tahu lewat inbox.

"Alhamdulillah, teman-teman saya tidak langsung percaya dengan pesan itu, dan langsung konfirmasi," kata dia.

Adhyaksa mengimbau masyarakat agar tidak cepat percaya jika ada pesan lewat inbox di Facebook yang meminta diisikan pulsa dan sumbangan dari siapa pun.

"Media sosial ini banyak bahayanya, namun manfaatnya lebih banyak, tugas kita melawan bahayanya ini," kata Adhyaksa.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS