Hadiri ARF HDUCIM, Unhan Menuju World Class Defense University

Adhitya Himawan
Hadiri ARF HDUCIM, Unhan Menuju World Class Defense University
ASEAN Regional Forum Head of Defense University, Colleges and Institution Meeting di Manila, Filipina. [Dok Unhan]

Unhan menuju World Class Defense University pada tahun 2024.

Selama 3 hari berturut-turut mulai Senin sampai Rabu (18 - 20/9/2017), Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI I Wayan Midhio menghadiri ASEAN Regional Forum Head of Defense University, Colleges and Institution Meeting (ARF HDUCIM) di Manila, Filipina. Forum tahunan tersebut merupakan pertemuan para pimpinan perguruan tinggi pertahanan negara-negara ARF yaitu 10 negara ASEAN ditambah beberapa negara kawasan dan organisasi internasional, seperti Amerika Serikat, Rusia, Cina, Australia, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, Bangladesh, India, Pakistan, Srilanka, Mongolia, Kanada, Selandia Baru, Papua New Guinea, Timor Leste, Uni Eropa, dan Sekretariat Asean.

Forum ini mulai diselenggarakan sejak tahun 1997. Tahun ini adalah forum yang ke-21 bertema "Defense Diplomacy through Education and Research: Building Confidence, Enhancing engagement".

Serangkaian diskusi dilaksanakan dengan tiga topik, yaitu Evolving Regional Security Landscape of the ASPAC, kemudian, Education and Research as Components of Defense Diplomacy, dan To Exchange Views on the Evenues of Cooperation among Defense Universities, Colleges and Institution. Pada forum tersebut Rektor Unhan yang didampingi Wakil Rektor I Unhan Dadang Gunawan menyampaikan beberapa gagasan baru untuk kemajuan bersama dalam diskusi topik kedua.

Dalam paparannya, Rektor Unhan menyampaikan bagaimana peran Indonesia yang dapat dikembangkan. "Seperti mempromosikan keamanan regional untuk pendidikan dan penelitian bidang pertahanan sekaligus mempromosikan Unhan kepada negara-negara sahabat," kata I Wayan.

Paparan tersebut mendapat apresiasi peserta forum dengan banyaknya tawaran kerjasama dari berbagai universitas pertahanan negara lain untuk menyelenggarakan kerjasama yang lebih konkret.

"Kerjasama ke depan juga dimaksudkan sebagai bentuk akreditasi internasional yang harus dicapai Unhan menuju World Class Defense University pada tahun 2024," katanya.

 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Berpetualang di alam terbuka sambil menikmati hotel gantung adalah pengalaman yang ditawarkan oleh sebuah skylodge di kawasan Purwakarta, Jawa Barat.
.
Untuk bisa menjejak ke skylodge tertinggi di dunia ini Anda harus menanjaki tebing di Gunung Parang sejauh 500 meter!
.
Seperti apa keseruannya? Saksikan selengkapnya di Youtube Suaradotcom!
.
.
.
#video #videooftheday #gunungparang #skylodge #purwakarta #jawabarat #indonesia #travelling #explorepurwakarta #exploreindonesia #asia #suaradotcom

INFOGRAFIS