INASGOC: Penyerapan Anggaran Asian Games Capai 94 Persen

Arsito Hidayatullah
INASGOC: Penyerapan Anggaran Asian Games Capai 94 Persen
Sejumlah spanduk Asian Games 2018 terpasang di tiang bekas proyek monorel di Kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (4/11/2017). [Antara]

INASGOC tetap meminta kritik dan masukan dari masyarakat terkait persiapan penyelenggaraan Asian Games.

Suara.com - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 ( INASGOC ) mengklaim penyerapan anggaran 2017 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai 94 persen hingga Rabu (27/12).

"Penyerapan anggaran itu telah berlangsung sejak Juni. Kami juga melakukan akselerasi dalam penyerapan anggaran itu," kata Wakil Asisten Keuangan INASGOC Suwartomo dalam keterangan tertulis INASGOC yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

Suwartomo mengatakan alokasi terbesar penyerapan anggaran INASGOC pada anggaran 2017 yaitu kegiatan dan belanja barang untuk tahun jamak yang meliputi kegiatan Deputi I Games Operation dan Deputi III Games Support.

"Tahun ini adalah tahun penting kami untuk mempersiapkan Asian Games sebelum memasuki 2018. Kami mulai mempersiapkan segala hal seperti penyiaran, upacara pembukaan dan penutupan, pembelian peralatan pencatat waktu dan skor," kata Koordinator Perencanaan dan Anggaran INASGOC Tjuk Agus Minahasa.

Selain persiapan penyiaran, lanjut Tjuk Agus, INASGOC juga menggunakan anggaran 2017 untuk penyiapan dukungan teknologi informasi pertandingan, biaya sewa arena pertandingan, kegiatan akreditasi, pengadaan alat olahraga untuk pertandingan, serta penyelenggaraan kejuaraan uji coba 45 disiplin olahraga.

Pada awal 2018, INASGOC akan menggelar Pertemuan Koordinasi Panitia ke-8 di Jakarta, pada 13-14 Januari dan kejuaraan uji coba wajib sembilan cabang olahraga pada 10-24 Februari.

"Kami sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp77 miliar untuk menggelar kejuaraan uji coba serentak sembilan cabang olahraga. Kami juga sudah menerima konfirmasi dari 31 negara untuk enam cabang olahraga kecuali bola basket, bola voli, dan sepak bola," kata pelaksana tugas Deputi I INASGOC Harry Warganegara.

Wakil Ketua INASGOC Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan INASGOC tetap meminta kritik dan masukan dari masyarakat terkait persiapan penyelenggaraan Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus - 2 September 2018.

"Kami berencana membuka layanan aduan sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan menyampaikan segala hal terkait Asian Games melalui pesan singkat ke nomor 08117182018," kata Sjafrie. [Antara]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS