Prabowo Mau Temui Jokowi Usai HUT Kemerdekaan RI

Reza Gunadha | Yosea Arga Pramudita
Presiden Joko Widodo menyambangi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, di Hambalang, Bogor, Senin (31/10). (Antara)
Presiden Joko Widodo menyambangi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, di Hambalang, Bogor, Senin (31/10). (Antara)

"Saya akan minta waktu ke Pak Jokowi. Saya ingin tetap melaksanakan demokrasi yang dewasa."

Suara.com - Bakal calon presiden Prabowo Subianto mengungkapkan, bakal menemui Presiden Jokowi untuk sowan sebelum bertarung dalam Pilpres 2019.

Prabowo menuturkan, sowan kepada Jokowi sebagai presiden adalah sikap politik yang beradab, meski keduanya akan menjadi rival pada Pilpres 2019.

”Akan bertemu Pak Jokowi. Setelah tanggal 17 Agustus,” kata Prabowo susai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rabu (15/8/2018) malam.

Menurutnya, persamuhan dirinya dan Jokowi nanti sebagai bentuk pembelajaran bagi masyarakat mengenai politik demokratis.

"Saya akan minta waktu ke Pak Jokowi. Saya ingin tetap melaksanakan demokrasi yang dewasa, baik, santun, supaya demokrasi kita kelihatan sangat matang, dewasa dan sebagainya," tuturnya.

Sementara Rabu malam ini, Prabowo dan bakal cawapresnya Sandiaga Uno, mengunjungi rumah JK.

Dalam persamuhan yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, Prabowo mengakui datang untuk menghormati JK yang dianggap sebagai tokoh senior.

"Saya malam ini mendapat kehormatan diterima Bapak Wapres Indonesia yang merupakan senior saya. Saya memiliki hubungan yang sangat baik, kekeluargaan, cukup lama kami tukar menukar pandangan," kata Prabowo di kediaman JK, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Meski pernah menjadi rival dalam kontes Pilpres 2014, Prabowo menyebut tetap menjalin persahabatan dengan JK.

"Kadang-kadang kami berada di tempat yang bersaing, sebagai rival begitu. Tapi itulah politik yang baik, demokrasi yang baik, bersaing, berkompetisi keras, tapi tetap bersahabat dan dalam suasana kekeluargaan," tuturnya.

Selain itu, Prabowo juga meminta restu kepada JK untuk maju sebagai capres berdampingan dengan Sandiaga Uno.

Dirinya menyebut sebagai seorang junior, maka sepantasnya bersilaturahmi kepada JK yang notabe lebih senior daripada dirinya dan Sandiaga.

"Sesuai adat istiadat kita, yang muda harus datang kepada yang senior untuk sowan, mohon restu, kita akan laksanakan suatu pekerjaan untuk rakyat kita," tutur Prabowo.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS