Pemprov DKI Siapkan 1.430 Rusunawa Untuk Warga Relokasi

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Pemprov DKI Siapkan 1.430 Rusunawa Untuk Warga Relokasi
Ilustrasi rusunawa

"Kalau seandainya mau direlokasi, ada unit-unit rusunawa yang kosong."

Suara.com - Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti mengatakan, telah menyediakan 1.430 rumah susun sewa (rusunawa) untuk warga yang direlokasi. Saat ini, rusunawa itu dalam keadaan kosong dan siap dihuni.

Meli mengakui, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari pimpinan wilayah mengenai kebutuhan rusunawa untuk warga relokasi. Kapanpun dibutuhkan, Meli menegaskan ribuan unit rusunawa dalam keadaan siap huni.

"Kalau seandainya mau direlokasi, ada unit-unit rusunawa yang kosong untuk menampung warga-warga yang siap direlokasi kami siap saja," kata Meli saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).

Meli menjelaskan, ada beberapa rusunawa yang tersebar di berbagai wilayah yang siap menampung warga. Rusunawa ini hanya diperuntukkan bagi warga dengan KTP DKI Jakarta yang direlokasi dari tempat tinggalnya.

Nantinya, warga akan diarahkan untuk menempati rusunawa terdekat dari tempat tinggal mereka. Sehingga, tidak akan mengganggu aktivitas warga meski telah direlokasi.

"Untuk saat ini, ada sekitar 500an di Marunda 200 unit, Cakung Barat 100 unit, Bekasi jalan km 2 100 unit, Setelah itu Pinus Elok 70 unit," ungkap Meli.

Sementara untuk warga relokasi yang tak memiliki KTP DKI Jakarta maka tidak bisa menempati rusunawa milik Pemprov DKI. Pasalnya, program rusunawa khusus untuk warga DKI saja.

"Mohon maaf karena permintaan masih tinggi pasti ya kita prioritaskan masyarakat Jakarta," tandasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS