Akan Aktifkan Jalur KA Garut, Jokowi: Charlie Chaplin Dulu Pernah ke Sini

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Akan Aktifkan Jalur KA Garut, Jokowi: Charlie Chaplin Dulu Pernah ke Sini
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meninjau lokasi reaktivasi jalur kereta di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019). (Suara.com/Umay Saleh)

Pertimbangan pemerintah mereaktivasi jalur tersebut untuk menumbuhkan perekonomi di sekitar kawasan wisata.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah akan melakukan reaktivasi atau mengaktifkan kembali empat jalur kereta api di wilayah Jawa Barat untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi baru. Jokoi menerangkan, jalur kereta api yang diaktifkan akan terhubung ke kawasan-kawasan wisata.

"Memang akan dimulai reaktivasi jalur-jalur baru. Tidak hanya satu, tapi ada empat yang akan segera dimulai termasuk nanti yang masuk ke kawasan-kawasan wisata. Karena memang dulunya ada dan ini menyangkut kawasan-kawasan wisata," ujar Jokowi saat meninjau lokasi reaktivasi jalur kereta di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019).

Jokowi menerangkan, pertimbangan pemerintah mereaktivasi jalur tersebut untuk menumbuhkan perekonomi di sekitar kawasan wisata. Pasalnya kata Jokowi, aktor komedi Inggris, Charlie Chaplin pernah melakukan perjalanan menaiki kereta api dari Bandung menuju Garut. Kemudian pada tahun 1927 dan 1935, Caplin juga pernah menginjakkan kaki di Stasiun Cibatu.

"Dulu pernah lho ke Garut tahun 1926 Charlie Chaplin kesini lho, betul. Dua kali lagi. Karena melihat keindahan ini, naiknya kereta api," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menerangkan, tujuan mengaktifkan kembali jalur kereta api yang sudah ditutup puluhan tahun lalu diyakini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi baru, terutama di kawasan-kawasan wisata.

Kepala Negara menargetkan proyek reaktivasi tersebut selesai dalam dua tahun.

"Yang paling penting segera dimulai. Saya targetkan dua tahun, tetapi mungkin mundur sedikit-sedikit lah," tandasnya.

Untuk diketahui, PT Kereta Api Indonesia mencatat, jalur Cibatu- St Cikanjang ditutup pada tahun 1982, sementara jalur Stasiun Cibatu- Stasiun Garut ditutup pada tahun 1983.

Selama jalur ditutup, kedua jalur tersebut dimanfaatkan warga sebagai jalan setempat hingga pendirian bangunan.

Rencana mengaktifkan kembali jalur kereta api yang meliputi jalur Stasiun Cibatu-Stasiun Garut-Stasiun Cikanjang dengan 47,5 kilometer.

Adanya reaktivasi, akan mengurangi tingkat kemacetan kota, memberikan solusi bagi tarnsportasi yang efisien dan terjangkau serta menjadi triger pengembangan area di sekitar stasiun dan jalur kereta.

Reaktivasi juga akan mempermudah akses wisatawan ke Kabupaten Garut, memudahkan angkutan penumpang, barang dan distribusi komoditas unggulan masyarakat setempat serta mendorong perkembangan industri lokal.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS