Kalah di Sumatera, Jokowi - Ma'ruf Amin Incar Banten dan Jawa Barat

M. Reza Sulaiman | Stephanus Aranditio
Politikus Golkar Bambang Soesatyo menanggapi hasil survei elektabilitas Celebes Research Center. (Suara.com/Stephanus Aranditio)
Politikus Golkar Bambang Soesatyo menanggapi hasil survei elektabilitas Celebes Research Center. (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Bambang Soesatyo, menanggapi hasil survei CRC yang menyebut Jokow - Ma'ruf Amin kalah di Sumatera.

Suara.com - Kalah di Sumatera, Jokowi - Ma'ruf Amin Incar Banten dan Jawa Barat

Politisi Partai Golkar yang mengusung Jokowi - Maruf Amin, Bambang Soesatyo, menanggapi hasil survei Celebes Research Center (CRC) yang menyebut pasangan calon nomor urut 01 tersebut kalah di Pulau Sumatera.

Bambang Soesatyo mengatakan Pulau Sumatera tidak terlalu menjadi fokus wilayah pemenangan mereka.

"Kalau Sumatera kemungkinan besar walaupun tidak kita lepas sama sekali, kita tetap bergerilya di sana, itu bisa dicover dengan peningkatan suara di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah," kata Bambang Soesatyo di Bakoel Koffie, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu juga mengungkapkan saat ini Tim Kampanye Nasional (TKN) sedang mengatur strategi meraih suara di Jawa Barat dan Banten.

"Kalau Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam pengamatan kita dan sejapan dengan survei sangat aman dan terus meningkat dan kita fokuskan hari ini adalah Jawa Barat dan Banten," jelasnya.

Sebelumnya, lembaga survei Celebes Research Center (CRC) merilis survei elektabilitas kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden pemilu 2019. Suara untuk pasangan calon nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin masih rendah di Pulau Sumatera.

Menurut survei CRC, paslon nomor urut 01 meraih suara 56,1 persen, sementara paslon 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mendapatkan 31,7 persen suara. Sisanya pemilih yang tidak menjawab ada di 12,2 persen.

Jika dibagi per wilayah pulau, suara untuk Jokowi - Ma'ruf Amin kalah di Pulau Sumatera yang hanya meraih 37,6 persen, sementara paslon 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno meraih 44,8 persen suara.

Survei Celebes menunjukkan paslon 01 mendominasi 6 pulau di Indonesia di antaranya Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Kepulauan Nusa Tenggara dan, Kepulauan Maluku.

Suara Jokowi - Ma'ruf Amin tertinggi berada di Pulau Papua dengan 86,7 persen, disusul Kepulauan Nusa Tenggara 81,7 persen, Sulawesi dan Maluku 60 persen, Kalimantan 61,7 persen, dan Jawa 57,2 persen.

Lembaga survei asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini melakukan survei terhadap 1200 responden di 34 provinsi di Indonesia dengan metode multi random sampling denvan margin of error 2,83 persen.

Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan jangka waktu 23-31 Januari 2019.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS