Cek Fakta

CEK FAKTA: Benar atau Salah, Iwan Fals Resmi Dukung Jokowi

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Benar atau Salah, Iwan Fals Resmi Dukung Jokowi
[Facebook/Kerja Jokowi]

Iwan Fals dan kawan kawan mengajak seluruh masyarakat yang mencintai Indonesia berSATU untuk nomor SATU. Iwan Fals sudah dukung Jokowi."

Suara.com - Warganet digegerkan oleh foto yang memperlihatkan Iwan Fals, musikus legendaris Indonesia, berpose mengacungkan jari telunjuk dan disebut resmi mendukung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Jokowi – Maruf Amin.

Dalam foto yang disebar akun komunitas Facebook bernama Kerja Jokowi, 31 Januari 2019, Iwan Fals dan sejumlah musikus lainnya, termasuk Giring eks vokalis Nidji, berpose mengacungkan jari telunjuk. Selain Iwan Fals serta Giring, pada foto itu tampak Ariel Noah dan Rian D’Masiv.

[Facebook/Kerja Jokowi]
[Facebook/Kerja Jokowi]

Klaim yang diperiksa

Bersama foto tersebut, akun Kerja Jokowi menuliskan narasi keterangan yang mengklaim Iwan Fals telah resmi mendukung Jokowi – Maruf Amin.

“Iwan Fals dan kawan kawan mengajak seluruh masyarakat yang mencintai Indonesia berSATU untuk nomor SATU. Iwan Fals sudah dukung Jokowi. Bagaimana dengan kamu? Tentu dong  nomor 1 pasti kualitas bagus Kalau 2 berarti barang kawe-an.”

Sejak diunggah hingga Suara.com melalukan penelusuran cek fakta, unggahan tersebut telah dikomentari oleh 1.800 warganet. Tak hanya itu, unggahan itu juga telah 3.000 kali disebar ulang.

[Tempo.co]
[Tempo.co]

Fakta

Foto yang disebar akun Kerja Jokowi ternyata milik Tempo.co. Laman berita daring tersebut memuat foto tersebut dalam berita ”Bikin Album Baru, Iwan Fals Gandeng Empat Band Tanah Air”, tanggal 17 April 2016.

Keterangan foto yang termuat dalam artikel Tempo.co itu adalah, “Iwan Fals bersama Ariel Noah, Rian Dmasiv, Giring Nidji, Momo Geshia berfoto bersama dalam jumpa pers jelang konser Bangkit Untuk Satu di Jimbaran, Bali, 15 April 2016. Konser ini merupakan peluncuran album berjudul SATU.”

Suara.com sendiri memunyai artikel mengenai peluncuran album tersebut. Dalam artikel itu, Iwan mengatakan album itu terdapat 10 lagu yang terdiri dari lima lagu lama dan lima lagu baru.

Empat lagu lama yang pernah dipopulerkan oleh Iwan dibawakan lagi oleh keempat band. Empat lagu baru dinyanyikan oleh Iwan diiringi band. Satu lagu lama milik Iwan dinyanyikan oleh semua band, dan satu lagu baru dinyanyikan Iwan bersama semua band.

Kesimpulan

Laman komunitas Kerja Jokowi menyebar konten foto asli tapi dimanipulasi untuk kepentingan berbeda dari yang dimaksud oleh si pembuat awal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS