Katulampa Siaga III, Warga di Bantaran Ciliwung Diminta Waspada

Liberty Jemadu
Katulampa Siaga III, Warga di Bantaran Ciliwung Diminta Waspada
Kondisi Bendungan Katulampa, Bogor, pada Jumat malam (15/2). [Suara.com/Rambiga]

Diperkirakan, air dari Katulampa akan tiba di Jakarta dalam waktu 9 jam ke depan.

Suara.com - Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak sejak Jumat petang (15/2/2019) membuat tinggi muka air sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor naik menjadi 150 centimeter atau berstatus siaga III.

Kepala Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan kenaikan debit air sungai Ciliwung tersebut terjadi secara bertahap yakni pada pukul 24.00 WIB dan masih bertahan hingga sekarang.

"Pukul 20.00 WIB air masih 10 centimeter. Kemudian meningkat secara bertahap dan terakhir pukul 24.00 WIB berada di 150 centimeter atau siaga III," kata Andi, kepada Suara.com, Jumat (15/2/2019).

Saat ini, sedikitnya ada 27.000 liter air perdetik yang mengalir di aliran sungai Ciliwung melewati Bendung Katulampa, Bogor. Diperkirakan, air tersebut akan tiba di Ibu Kota Jakarta dalam waktu 9 jam ke depan.

Andi menghimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan adanya kenaikan debit air ini.

"Sekarang di kawasan hulu (Puncak) masih diguyur hujan. Kita terus lakukan koordinasi dengan BMKG dan petugas pintu air lainnya di sungai Ciliwung untuk memantau ketinggian debut air," pungkasnya.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS