Dua Alat Bukti Ini Jadi Dasar Polisi Tetapkan Sekda Papua Sebagai Tersangka

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Dua Alat Bukti Ini Jadi Dasar Polisi Tetapkan Sekda Papua Sebagai Tersangka
Sekda Pemprov Papua, T.E.A Hery Dosinaen saat penuhi panggilan Polda Metro Jaya. (Suara.com/Arga)

Argo belum dapat memastikan apakah Hery akan ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka atau tidak.

Suara.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan penetapan Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, T.E.A Hery Dosinaen sebagai tersangka berdasarkan dua alat bukti yang ada. Hery diduga terlibat dalam kasus penganiayaan dua pegawai KPK di Hotel Borobudur, Jakarta beberapa waktu lalu.

Argo mengatakan alat bukti tersebut berupa keterangan saksi yang melihat kejadian tersebut dan keterangan ahli.

"Dua alat bukti yang cukup ya. Dua alat bukti yang cukup itu ada keterangan saksi ada, kemudian ada keterangan ahli kemudian ada petunjuk, nah disitu," ujar Argo di Polda Metro Jaya, Senin (18/2/2019).

Namun Argo belum dapat memastikan apakah Hery akan ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka. Dirinya menyebut hal itu merupakan kewenangan dari penyidik.

"Semua kapasitas penyidik ya, kita tunggu saja," tambahnya.

Sebelumnya, Kasus penganiayaan itu terungkap setelah salah satu penyelidik KPK bernama Gilang Wicaksono resmi membuat laporan ke Polda Metro Jaya, Minggu (3/2/2019).

Aksi penganiayaan itu terjadi saat Gilang dan penyelidik KPK lainnya, Indra melakukan pengintaian terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe yang sedang melakukan rapat bersama Ketua DPRD Papua, anggota DPRD Papua Sekretaris Daerah (Sekda) dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat pada Sabtu (2/2/2019) malam.

Pengintaian itu dilakukan karena kedua penyelidik KPK sedang mendapatkan tugas untuk menelusuri adanya dugaan korupsi anggaran di Papua.

Dalam kasus ini, polisi telah meningkatkan status kasus penganiayaan itu dari penyelidikan ke tahap penyidikan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS