Cerita 20 Menit Jokowi ke Tambaklorok, Dikawal Paspampres Berpakaian Preman

Pebriansyah Ariefana
Cerita 20 Menit Jokowi ke Tambaklorok, Dikawal Paspampres Berpakaian Preman
Kampung nelayan Tambaklorok, Semarang. (Suara.com/Adam Iyasa)

Jokowi datang mengenakan mobil Plat AD.

Suara.com - Gatot Sumanto kaget ketika Presiden Jokowi tiba-tiba datang ke Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah. Jokowi datang tanpa memberitahu warga setempat malam hari.

Jokowi datang mengenakan mobil Plat AD. Jokowi datang, Sabtu (2/2/2019) lalu sekita pukul 22.30 WIB. Saat Jokowi datang perkampungan paling Utara Semarang itu relatif selalu ramai dari kegiatan nelayan dan proyek pembangunan Kampung Bahari Tambaklorok.

"Saya kira mobil itu orang dinas dan proyek yang akan mengecek proyek Kampung Bahari di malam hari," kata Gatot di Tambaklorok, Selasa (19/2/2019).

"Saat turun juga belum tahu, Pak Jokowi lalu ke arah gedung pasar baru, nah di situ baru tahu kalau yang datang Pak Jokowi," lanjutnya.

Menurut Gatot, Jokowi sudah dua kali berkunjung ke Tambaklorok. Pertama saat masih menjabat presiden periode pertama, melihat kanal sungai dan keadaan kampung Tambaklorok.

"Yang pertama itu Pak Jokowi malah minta jika Tambaklorok untuk diperbaiki lingkungannya. Maka ini dibuat gedung pasar dan Kampung Bahari Tambaklorok," ujarnya.

Kata Gatot, usai menilik gedung pasar Jokowi lalu berjalan menuju lokasi proyek Kampung Bahari, Jokowi berjalan menyusuri talud kanal sungai dan dermaga. Saat itu juga baru sedikit orang yang tahu saat Jokowi mengajak beberapa nelayan yang akan melaut diajak bicara.

"Ya itu duduk-duduk di pinggir talud dan ngobrol sama warga. Di situ baru ramai warga tahu jika yang datang Pak Jokowi," tutur Gatot.

Sementara, Muslihin (50), sempat bersalaman dengan Jokowi, kondisi saat itu sudah mulai ramai. Banyak warga berebut salaman dan berfoto.

"Saya salaman, lalu bilang untuk Pak Jokowi mohon dibantu soal pembebasan lahan proyek kios dagangnya untuk segera dapat ganti untung," kaya Muslihin.

Muslihin mengatakan jika saat ini kios jualannya belum mendapat ganti untung seperti warga lainnya. Mendengar curhatan itu, kata Muslihin, jika Jokowi bersedia akan membantunya.

"Pak Jokowi bilang, ya saya sudah tahu masalahnya, nanti saya bantu," ujar Muslihin, meniru jawaban Jokowi.

Karena warga sudah mulai ramai, lanjut Muslihin, pengaman Paspampres berseragam preman lalu membuat barikade sederhana. Selang 20 menit lalu rombongan Jokowi meninggalkan Tambaklorok.

"Nggak lama. Paling cuma 20 menit lalu beranjak pulang," tukasnya.

Kontributor : Adam Iyasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS