Fasilitas Bandara Tebelian di Kalimantan Barat Telah Lengkap

Fabiola Febrinastri
Fasilitas Bandara Tebelian di Kalimantan Barat Telah Lengkap
Ilustrasi bandara (Shutterstock)

Bandara Tebelian diharapkan mendukung pertahanan dan keamanan negara.

Suara.com - Bandar Udara (Bandara) Tebelian, yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, siap dioperasikan menggantikan Bandara Susilo, yang saat ini kondisinya tidak bisa dikembangkan lagi.

Berbagai fasilitasnya telah dilengkapi, sehingga Bandara Tebelian bisa melayani operasional pesawat sekelas ATR 72 dengan lebih maksimal, baik untuk penumpang maupun kargo.

Dengan lebih banyaknya pesawat yang dapat masuk, maka hal ini diharapkan akan meningkatkan arus penumpang dan barang ke wilayah Sintang dan sekitarnya, terutama Kabupaten Melawi, Sekadau dan Putussibau. Dengan demikian, perekonomian di wilayah tersebut akan lebih berkembang dan kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Selain untuk meningkatkan perekonomian, keberadaan Bandara Tebelian sekaligus mendukung pertahanan dan keamanan negara, karena letaknya berbatasan dengan wilayah Serawak di Malaysia dan membuka keterisolasian daerah.

Bandara ini juga diharapkan bisa menjadi embarkasi haji antara bagi umat Muslim dari daerah Sintang dan sekitarnya menuju embarkasi haji terdekat, yaitu Balikpapan atau Banjarmasin.

Seperti apa berbagai potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sintang? Bagaimana sejarah sekaligus tampilan Bandara Tebelian yang telah siap dioperasikan tersebut?

Silakan tonton tayangan video berikut;

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS