7,2 Ton Sampah Plastik Berhasil Dikumpulkan dari Pantai Cilacap

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
7,2 Ton Sampah Plastik Berhasil Dikumpulkan dari Pantai Cilacap
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, bersama  3000 masyarakat dan para pekerja Pertamina (Persero) Refinery Unit IV (Pertamina RU IV) Cilacap, melakukan kegiatan Coastal Clean Up/Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (5/3/2019). (Dok: KLHK)

Kegiatan bersih pantai ini diikuti oleh warga sekitar pantai dengan antusias.

Suara.com - Setidaknya sebanyak 7,2 ton sampah plastik berhasil dikumpulkan dari bibir Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilakukan demi menggalakkan kampanye untuk mengajak masyarakat peduli dalam upaya pengurangan sampah, terutama sampah plastik sekali pakai, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melakukan aksi bersih pantai.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, bersama  3000 masyarakat dan para pekerja Pertamina (Persero) Refinery Unit IV (Pertamina RU IV) Cilacap, melakukan kegiatan Coastal Clean Up/Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (5/3/2019).

Kegiatan bersih pantai ini diikuti oleh warga sekitar pantai dengan antusias. Bahkan salah seorang ibu, dengan semangat ikut membantu memungut sampah dengan tangan kosong tanpa dilengkapi sarung tangan.

Melihat hal tersebut, Siti segera menghampiri ibu tersebut untuk memintanya menggunakan sarung tangan miliknya, yang sebelah kiri.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, bersama  3000 masyarakat dan para pekerja Pertamina (Persero) Refinery Unit IV (Pertamina RU IV) Cilacap, melakukan kegiatan Coastal Clean Up/Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (5/3/2019). (Dok: KLHK)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, bersama 3000 masyarakat dan para pekerja Pertamina (Persero) Refinery Unit IV (Pertamina RU IV) Cilacap, melakukan kegiatan Coastal Clean Up/Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (5/3/2019). (Dok: KLHK)

"Yang paling penting dari gerakan bersih pantai ini adalah gambaran munculnya antusiasme dan tanggung jawab masyarakat," ujar Menteri Siti.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari. Secara nasional, kampanye peduli sampah telah dilakukan dengan pencanangan Aksi Bersih Sampah Nasional, yang telah dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Kapuk, Jakarta, pada 4 Maret 2019. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Menteri LHK ke Cilacap, dalam rangka mendukung program lingkungan PT Pertamina RU IV Cilacap. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS