Ratna Keluhkan Ventilasi, Polda: Rutan Kami Ada Taman dan Ruang Olahraga

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Ratna Keluhkan Ventilasi, Polda: Rutan Kami Ada Taman dan Ruang Olahraga
Terdakwa kasus penyebaran berita bohong alias hoaks, Ratna Sarumpaet. (Suara.com/Muhamad Yasir)

Argo bahkan membeberkan fasilitas yang ada di dalam penjara antara lain seperti ruang olahgara dan taman dan ruangan untuk berkumpul.

Suara.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyangkal omongan terdakwa kasus penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet yang mengeluhkan fasilitas di rumah tahanan karena tak dilengkapi ventilasi udara. Menurutnya, Rutan Polda Metro Jaya memiliki fasilitas yang sudah sesuai standar.

Argo bahkan membeberkan fasilitas yang ada di dalam penjara antara lain seperti ruang olahgara dan taman dan ruangan untuk berkumpul.

"Yang tidak ada ventilasi Rutan atau kamarnya? Rutan Polda Metro Jaya itu ada fasilitas olahraga, ada fasilitas untuk berkumpul, ada taman, ada tempat untuk istirahat sorenya, itu ada semua. Kira-kira ada udara enggak di situ? Ada udara untuk sirkulasi ya," ungkap Argo di Polda Metro Jaya, Selasa (26/3/2019).

Argo pun mengatakan, Rutan tak bisa disamakan dengan rumah pribadi. Maka dari itu, Rutan bukan hanya sekedar untuk pindah tidur saja, melainkan terdapat pembinaan di dalamnya.

"Ya memang kalau kita mau disamakan dengan rumah pribadi ya tidak bisa. Yang namanya rutan semuanya kan ada fasilitas yang ditentukan," kata dia. 

"Misalnya jatah makan ada. Jatah besuk pun ada. Jadi memang di tempat untuk rutan bukan untuk pindah tidur tapi untuk dilakukan pembinaan juga. Jangan sampai melakukan tindak pidana kembali," tandasnya. 

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet menyatakan, akan kembali mencoba mengajukan status sebagai tahan kota meski sebelumnya beberapa kali telah ditolak. Ratna mengaku tidak betah di rumah tahanan Polda Metro Jaya.

Hal itu dikatakan Ratna sesaat sebelum menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ampera, Jakarta Selatan, pagi tadi.

"Ya nanti kita coba lagi (ajukan tahanan kota)," ujar Ratna Sarumpaet.

Ia mengatakan, alasan dirinya bersikukuh mengajukan status tahanan kota adalah fasilitas di rumah tahanan Polda Metro Jaya yang menurutnya tidak ada ventilasi udara.

"Di sana (rumah tahanan Polda Metro Jaya) susah soalnya tidak ada ventilasi," ujar Ratna Sarumpaet.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS