Umrah Usai Debat, Sandiaga Ngaku Tak Bertemu Jokowi di Mekkah

Reza Gunadha | Ria Rizki Nirmala Sari
Umrah Usai Debat, Sandiaga Ngaku Tak Bertemu Jokowi di Mekkah
Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno di Blok M Square, Selasa (16/4/2019). [Suara.com/Ria Rizki Nirmala Sari]

"Enggak bertemu. Kami tidak mengagendakan, karena waktunya sangat mepet sekali. Jadi hanya papasan sama beberapa orang yang kenal."

Suara.com - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menceritakan pengalamannya menjalani ibadah umrah pada waktu yang sangat sempit, yang menggunakan masa tenang Pilpres 2019. Sandiaga mengakui, ibadah umrah kali ini merupakan tercepat yang pernah dilakukannya.

Sandiaga mengungkapkan, dirinya harus langsung bergegas menuju bandara untuk mengejar keberangkatan setelah melakukan debat pamungkas Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Sabtu (13/4) akhir pekan lalu.

Sandiaga hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mengajar ketepatan waktunya.

"Umrah ini yang pertama tercepat yang pernah saya lakukan. Tapi memang saya kan karena menggunakan pesawat komersial,  jadi harus buru-buru," ungkap Sandiaga di Blok M Square, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019).

Saat mengejar ketepatan waktu itu, Sandiaga sempat bertemu dengan kedua putrinya yakni Anneesha Atheera Uno dan Amyra Atheefa Uno yang baru saja tiba di bandara. Selama ini keduanya mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri.

"Saya harus kejar pesawat jam 12, untung masih on time. Yang paling menggembirakan itu anak-anak pulang. Kesempatan untuk bertemu, salaman, pelukan sama anak-anak ternyata Allah bukakan kemudahan mereka, landingnya lebih cepat, jadi saya bisa ketemu sama anak-anak," ujarnya.

Setelah temu rindu dengan anak-anaknya dalam waktu sangat singkat, Sandiaga langsung berangkat dengan sang istri Nur Asia Uno ke Jeddah. Keduanya menjalankan ibadah umrah dan sempat ke Madinah untuk berziarah ke makam nabi Muhammad SAW.

Sandiaga sempat menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat karena tidak memiliki banyak waktu di sana.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan selama melakukan ibadah umrah tidak mengunggah foto-foto ke media sosial untuk menghargai aturan dari Bawaslu.

Saat yang bersamaan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang juga maju sebagai calon presiden menjalani ibadah umrah bersama keluarga. Sandiaga mengakui tidak bertemu dengan Jokowi.

Apalagi saat ditanya soal pertemuan dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang bermukim di Mekkah. Sandiaga mengaku tidak sempat membuat agenda di luar rangkaian kegiatan ibadah umrah.

"Enggak bertemu. Kami tidak mengagendakan, karena waktunya sangat mepet sekali. Jadi hanya papasan sama beberapa orang yang kenal, minta foto tapi itu juga sudah keburu-buru," tuturnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS