Di Jakarta, Banyak Wali Murid Pinjamkan Laptop ke Sekolah buat UNBK

Reza Gunadha | Stephanus Aranditio
Di Jakarta, Banyak Wali Murid Pinjamkan Laptop ke Sekolah buat UNBK
ILUSTRASI - Pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 85 Jakarta, Jakarta Selatan, Senin (22/4).[Suara.com/Arief Hermawan P]

"Sangat terkendali dan kemungkinan bocor menjadi sangat kecil. Karena kendalinya baru hari itu soal-soalnya," kata Ratiyono

Suara.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di DKI Jakarta berjalan lancar. Dinas Pendidikan DKI Jakarta belum menemukan laporan gangguan yang mengganggu proses ujian.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, pelaksanaan UNBK SMP berjalan lancar dan tidak ditemukan kebocoran soal.

"Sangat terkendali dan kemungkinan bocor menjadi sangat kecil. Karena kendalinya baru hari itu soal-soalnya," kata Ratiyono saat ditemui di Balai Kota, Kamis (25/4/2019).

Dia menjelaskan, sejumlah sekolah di Ibu kota menjalankan UNBK dengan waktu pelaksanaan yang terbagi dalam beberapa sesi, karena keterbatasan komputer.

"Ya tahun ini alhamdulillah ada tiga sesi. Sesi pertama sudah berlangsung dengan baik. Jam 7.30 WIB sampai 9.30 WIB, kemudian berikutnya jam 10.00 WIB sampai jam 12.00 WIB, dan sesi siang jam 14.00 WIB sampai jam 16.00 WIB. Masing-masing dua jam," kata Kadisdik DKI Jakarta Ratiyono di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

Meski ada sekolah yang membagi UNBK dalam sejumlah sesi, ada pula yang berhasil melaksanakan UNBK hanya dalam satu sesi berkat bantuan wali murid.

"Nah yang satu sesi, itu komputernya cukup. Termasuk ada dukungan dari orangtua yang meminjamkan laptopnya," ungkapnya.

Untuk diketahui, UNBK SMP di DKI Jakarta sudah dilakukan pada 22 - 25 April 2019. Adapun jumlah siswa yang mengikuti sebanyak 137.282 siswa yang terdiri dari 116.689 siswa SMP dan 20.594 siswa MTS.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS