facebook

Sosok Sutopo Purwo Nugroho, di Mata Sahabat dan Pejabat BMKG

Bangun Santoso
Sosok Sutopo Purwo Nugroho, di Mata Sahabat dan Pejabat BMKG
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Risna Halidi/Suara.com)

Rasa kehilangan akan sosok Sutopo Purwo Nugroho tak hanya dirasakan BNPB namun juga para sahabat dan koleganya di BMKG

Suara.com - Kabar meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho tak hanya meninggalkan duka di institusinya bertugas. Namun juga di kalangan sahabat sekaligus koleganya di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selama ini BNPB dan BMKG selalu bersinergi setiap kali Indonesia dirundung bencana. Kedua badan resmi pemerintah itu selalu bahu membahu bersama institusi terkait lainnya memberikan informasi terkini terkait kebencanaan di Indonesia.

Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana mengenal sosok almarhum Sutopo Purwo Nugroho sebagai seorang teladan dalam banyak hal, salah satunya pada aspek totalitas bekerja.

"Pak Topo totalitas dengan pekerjaannya. Dia memang tekun mendalami sesuatu tidak setengah-setengah," kata Taufan seperti dilansir Antara di Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu (7/7/2019).

Baca Juga: Pesan Terakhir Sutopo BNPB Sebelum Meninggal karena Kanker

Ia mengatakan kenal dekat dan kerap berinteraksi dengan almarhum Sutopo selaku Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BMKG dan BNPB, kata dia, kerap menjalin kemitraan strategis. Kehadiran Sutopo dapat menjalin kerja sama sinergis antarlembaga pemerintah.

"Pak Topo orang yang banyak membantu. BNPB juga stakeholder BMKG, BMKG urusan hulu BNPB hilir. Pak Topo setiap waktu berkoordinasi intensif kami terus bersinergi dengan BNPB," kata dia.

Taufan mengatakan secara pribadi dan kelembagaan BMKG sangat kehilangan sosok Sutopo.

"Selamat jalan untuk beliau semoga khusnul khotimah," ujarnya.

Baca Juga: Unggahan Haru Sutopo BNPB Sebelum Meninggal di Guangzhou China

Sutopo, kata dia, adalah orang yang mau belajar banyak hal dan memberi energi positif terhadap banyak orang dan menjadi contoh teladan seorang humas yang baik.

Komentar