Lolos Seleksi Adminstrasi, Ini 13 Nama Capim KPK dari Unsur Polri

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
Lolos Seleksi Adminstrasi, Ini 13 Nama Capim KPK dari Unsur Polri
Ketua Pansel Capim KPK Jilid V, Yenti Garnasih. (Suara.com/M. Yasir)

13 orang anggota Polri yang mendaftar menjadi calon pimpinan KPK merupakananggota Polri aktif dan mendapat rekomendasi dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Suara.com - Sebanyak 13 orang anggota Polri yang mendaftar calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), lulus seleksi administrasi calon pimpinan (Capim) KPK yang diumumkan Panitia Seleksi (Pansel) KPK, Kamis (11/7/2019), hari ini.

"Anggota Polri yang mendaftar capim ada 13 orang, seluruhnya lolos seleksi administrasi," kata Ketua Pansel Yenti Garnasih di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.

13 orang anggota Polri yang mendaftar menjadi calon pimpinan KPK merupakan
anggota Polri aktif dan mendapat rekomendasi dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Mereka adalah Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Irjen Antam Novambar, Pati Bareskrim yang kini bertugas di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Irjen Polisi Dharma Pongrekun.

Kemudian Pati Bareskrim Polri yang bertugas di Kementerian Ketenagakerjaan Brigjen M Iswandi Hari, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Polisi Bambang Sri Herwanto.

Selanjutnya, Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum Divisi Hukum Polri Brigjen Agung Makbul, Analis Kebijakan Utama Bidang Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Lemdiklat Polri Irjen Polisi Juansih dan Wakil Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Polisi Sri Handayani, Wakapolda Jawa barat Brigjen Polisi Akhmad Wiyagus, Kapolda Sumatera Selatan Firli Bahuri, staf Ahli Kapolri Irjen Polisi Ike Edwin, dan staf Ahli Kapolri Irjen Polisi Yovianes Mahar.

Untuk diketahui, dari 376 orang pendaftar calon pimpinan KPK, sebanyak 192 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Yenti menuturkan jumlah 192 orang yang lolos, terdiri dari 180 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.

Kemudian dari latar belakang, para pendaftar yang lolos berasal dari akademisi atau dosen berjumlah 40 orang dari 76 orang pendaftar. Dari kalangan advokat atau konsultan hukum berjumlah 39 orang dari 63 orang pendaftar, korporasi (swasta/BUMD/BUMN) berjumlah 17 orang dari 40 orang pendaftar.

Lalu dari kalangan jaksa atau hakim berjumlah 18 orang dari 20 orang pendaftar. Sementara dari kalangan TNI, dari satu orang yang mendaftar, tidak ada yang lolos.

Selanjutnya dari kalangan Polri, 13 orang yang mendaftar lolos semua. Dari kalangan auditor kata Yenti berjumlah 9 orang dari 11 orang pendaftar.

Tak hanya itu, dari kalangan komisioner atau pegawai KPK berjumlah 13 orang yang lolos dari 18 orang pendaftar.

"Dari PNS, pensiunan, wiraswasta, NGO dan pejabat negara berjumlah 43 orang yang lolos dari 134 pendaftar," ucap dia.

Kemudian pendaftar yang lolos terbanyak dari Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan lainnya.

Lebih lanjut, Yenti mengatakan nama-nama yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan di website Kementerian Sekretariat Negara www.setneg.go.id.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS