4 Cerita Habib Rizieq yang Didenda karena Kelamaan Tinggal di Arab Saudi

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
4 Cerita Habib Rizieq yang Didenda karena Kelamaan Tinggal di Arab Saudi
[Suara.com/Ema Rohimah]

Drama kepulangan Rizieq Shihab semakin berbuntut panjang.

Suara.com - Nama pentolan FPI Rizieq Shihab kembali menjadi sorotan publik. Pemulangan Rizieq Shihab dari Arab Saudi kembali ke Indonesia disebut sebagai salah satu syarat rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo Subianto.

Drama kepulangan Rizieq Shihab semakin berbuntut panjang. Rizieq Shihab dikenakan denda lantaran sudah tinggal melebih batas waktu yang diizinkan. Sejumlah pihak mendesak agar pemerintah bertanggungjawab penuh atas kepulangan Rizieq Shihab.

Berikut Suara.com merangkum 4 berita terpopuler mengenai gonjang ganjing kepulangan Rizieq Shihab sepanjang Kamis (11/7/2019).

1. Rizieq Minta Dipulangkan, PSI: Pulang Saja Sendiri
Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli menolak bila pemerintah harus membayarkan denda overstay Rizieq Shihab. Ia meminta agar Rizieq Shihab bisa pulang ke Indonesia dengan usaha sendiri.

"Keenakan banget ini orang kalau dipulangkan, terus kita disuruh bayar dendanya gitu. Padahal dari Tanah Suci kerjaannya cuma provokasi. Pulang aja sendiri dan hadapi kasus-kasus hukumnya di pengadilan, masa kalah sama Ahok," kata Guntur Romli.

Simak berita selengkapnya di sini.

Habib Rizieq Shihab. [YouTube/Front TV]
Habib Rizieq Shihab. [YouTube/Front TV]

2. FPI Minta Pemerintah Bayarkan Denda Overstay Rizieq
Ketua Umum FPI Sobri Lubis meminta agar pemerintah bertanggungjawab penuh atas denda overstay yang dibebankan kepada Rizieq Shihab. Sebab, pemerintah lah yang menyebabkan Rizieq tertahan di Arab Saudi meski izin tinggalnya telah habis.

Sobri mengklaim, sang pentolan FPI sudah berulangkali mencoba untuk kembali pulang ke Indonesia. Namun, hingga tahun 2018 sampai visa izin tinggalnya di Arab Saudi habis, Rizieq tidak bisa pulang.

Oleh karena itu, Sobri mendesak agar pemerintah bisa segera bertindak untuk memulangkan Rizieq Shihab kembali ke Indonesia.

Simak berita selengkapnya di sini.

Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) Sobri Lubis. (Suara.com/Novian)
Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) Sobri Lubis. (Suara.com/Novian)

3. Ketua PA 212: Imam Kita yang di Makkah bukan Kartanegara
Ketua Persaudaraan Alumni atau 212, Slamet Ma'arif menegaskan bahwa Pilpres 2019 sudah selesai. Imam yang menjadi panutan bagi para anggota bukanlah Prabowo Subianto yang berasal dari Kertanegara, melainkan imam yang kini berada di Makkah yakni Rizieq Shihab.

"Jadi kalau anda masih ingin Prabowo jadi presiden, maaf, sudah selesai. Peluang itu sudah tidak ada. Dan saya ingin mengingatkan kepada alumni 212, bahwa imam kita bukan yang ada di Kertanegara, tapi yang ada di Makkah. Ini perlu dicatat oleh gerakan kita," katanya.

Simak berita selengkapnya di sini.

Prabowo telepon Habib Rizieq Shihab. (Capture Video)
Prabowo telepon Habib Rizieq Shihab. (Capture Video)

4. Klaim Dapat Jet Pribadi dan Visa Unlimited, Kini Rizieq Didenda Overstay
Pengacara Rizieq Shihab sempat mengklaim kliennya mendapatkan visa unlimited day hingga jet pribadi. Khidupan Rizieq Shihab selama di Arab Saudi disebut sangat nyaman dan dihargai oleh banyak pihak.

Namun kini Rizieq harus membayar denda sebesar Rp 110 juta per orang lantaran tinggal melebihi batas waktu yang diizinkan.

Sebelumnya, kuasa hukum Rizieq Shihab yakni Kapitra Ampera menyebut bahwa kliennya memiliki visa unlimited day. Dengan visa tersebut yang didapatkan dari Kerajaan Arab Saudi, Rizieq Shihab bisa bebas tinggal dimanapun tanpa berbatas waktu.

Selain itu, Rizieq Shihab juga mendapatkan fasilitas berupa jet pribadi dari konglomerat Arab Saudi. Ia juga disebut-sebut bisa tinggal di hotel dan apartemen manapun tanpa perlu membayar lantaran semua biaya transportasi dan akomodasi Rizieq Shihab telah dijamin.

Simak berita selengkapnya di sini.

Pimpinan Front Pembela Islam atau FPI Rizieq Shihab
Pimpinan Front Pembela Islam atau FPI Rizieq Shihab

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS