Proyek Giant Sea Wall Lanjut, Anies: Tanggul Pesisir Pantai yang Penting

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Proyek Giant Sea Wall Lanjut, Anies: Tanggul Pesisir Pantai yang Penting
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Suara.com/ Adit Rianto/ Peter Rotti)

"Itu mutlak dibutuhkan untuk mencegah air laut ke daratan."

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi ihwal proyek Giant Sea Wall yang telah memasuki tahap kedua pembangunannya. Anies mengatakan yang saat ini paling penting adalah membangun tanggul pesisir pantai.

Anies menjelaskan, tanggul tersebut dibutuhkan untuk mencegah air laut naik ke daratan. Pasalnya, permukaan tanah di Jakarta sudah semakin menurun setiap tahunnya.

“Kita bangun sekarang tanggul pesisir pantai itu yang penting. Itu mutlak dibutuhkan untuk mencegah air laut ke daratan,” ujar Anies di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2019).

Anies beranggapan penurunan tanah paling parah di bagian barat di teluk Jakarta. Menurutnya ketinggian air di kawasan tersebut sudah tiga meter.

“Tiga meter berarti permukaan tanah sudah turun dalam sekali. karena tanggul kan rata ke permukaan air,” kata Anies.

Untuk diketahui, rancangan tahap kedua pembangunan giant sea wall melibatkan pulau reklamasi khususnya pulau G. Di atas tembok yang mengelilingi teluk Jakarta itu dibangun juga jalan tol yang menghubungkan dengan pulau hasil reklamasi tersebut.

Namun Anies mengatakan tidak ada pembangunan di lokasi tersebut. Ia mengaku hanya konsentrasi dengan pembuatan tanggul di pesisir pantai

“Kita konsentrasi di situ saja, di tanggul yang tepi pantai. Itu yang penting,” pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS