Awak Kapal SB Tenggiri 4 yang Karam di Perairan Kepri Dipastikan Selamat

Chandra Iswinarno
Awak Kapal SB Tenggiri 4 yang Karam di Perairan Kepri Dipastikan Selamat
Kapal Speddboat SB Tenggiri 4 tenggelam di Perairan Kepulauan Riau, Minggu (28/7/2019). [Batamnews/Istimewa]

Kapal tersebut hanya transporter sayuran dari Selat Panjang. Kecelakaan tersebut diperkirakan akibat lambung kapal yang cepat karena menabrak karang.

Suara.com - Satu kapal yang tenggelam di Perairan Karimun, Kepulauan Riau diketahui bernama SB Tenggiri 4 berjenis speedboat. Dalam kecelakaan tersebut, dikabarkan enam anak buah kapal selamat dan dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Tidak ada korban dalan kejadian tersebut. Semuanya selamat, satu narkoda dan lima ABK," kata Koordinator Tagana Karimun, Dedi Risdianto kepada Batamnews.com - jaringan Suara.com pada Minggu (28/7/2019).

Dedi mengemukakan kapal tersebut hanya transporter sayuran dari Selat Panjang. Kecelakaan tersebut diperkirakan akibat lambung kapal yang cepat karena menabrak karang.

Diketahui, kapal tersebut berangkat dari Tanjung Buton ke Selat Panjang menuju Batam. Setibanya di perairan pulau Kenipan, Karimun mengalami kecelakaan.

"Diduga menabrak menabrak karang di perairan Pulau Tikus Kenipan, sehingga lambung kapal pecah, dan tenggelam," katanya.

Untuk sementara, evakuasi telah dilakukan petugas dari KPLP Selat Beliah, Polair Polres Karimun, Polsek Kundur Barat, Tagana, Basarnas dibantu masyarakat dan nelayan.

Kasi Ops Basarnas Tanjungpinang Eko Suyatno mengatakan, kapal jenis speedboat itu hanya mengangkut sayur-sayuran.

"Speedboat itu bergerak dari Tanjung Buton, Riau sekitar pukul 09.00 WIB, gelombang sangat kuat," kata Eko.

Hanya ada enam orang yang menjadi awak di kapal itu termasuk nakhoda. Dikemukakan Eko, kapal mengalami kebocoran di bagian buritan sehingga air tidak dapat dipompa. Eko memastikan semua awak dan nakhoda selama usai mendapat pertolongan dari nelayan setempat.

"Kapal bantuan datang dari masyarakat pulau Kenipaan untuk ditarik ke bibir pantai," ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS