Viral Ceramah Salib UAS, Pastor Gilbert: Sepertinya Ustaz Udah Offside

Rendy Adrikni Sadikin | Husna Rahmayunita
Viral Ceramah Salib UAS, Pastor Gilbert: Sepertinya Ustaz Udah Offside
Ceramah Ustaz Abdul Somad - (Twitter/@P3nj3l4j4h)

Pastor Gilbert menyayangkan ceramah UAS yang menyinggung simbol agama Kristen dan Katolik.

Suara.com - Pastor Gilbert Lumoindong menanggapi viralnya video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) soal simbol salib yang menggegerkan dunia maya baru-baru ini.

Melalui jejaring Instagram pribadinya, Pastor Gilbert Lumoindong mengunggah foto UAS yang tengah berceramah dan menunjukkan simbol salib dengan tangannya.

Ia menyayangkan isi ceramah UAS yang disampaikan lewat narasi berjudul 'Tanggapan terbuka terhadap Yth Ustaz Abdul Somad".

Pastor Gilbert Lumoindong mempertanyakan isi ceramah yang disampaikan dalam video yang menuai kontroversi di media sosial.

"Perlu nggak sih, ceramah isinya hanya menghina agama lain? Apakah hati Ustaz sudah begitu penuh dengan kebenciannya terhadap kami??" tanya @pastorgilbert, Sabtu (17/8/2019).

Pertanyaan itu kemudian diimbuhi ajakan untuk menjunjung tinggi sikap toleransi di tengah perbedaan yang ada di tanah air.

"Marilah sebagai pemuka agama, apalagi akademisi, marilah Ustadz menabur semangat 'Bhineka Tunggal Ika' dalam perbedaan agama, namun sesama anak bangsa," tukasnya.

Pastor Gilbert pun menganggap UAS telah melampaui batas dengan menyindir simbol agama yang dianutnya. Ia kemudian menjelaskan makna salib di dalam ajaran agama Kristen.

Unggahan Pastor Gilbert Lumoindong soal ceramah UAS. (Instagram/@pastorgilbertl)
Unggahan Pastor Gilbert Lumoindong soal ceramah UAS. (Instagram/@pastorgilbertl)

"Yth UAS, kayanya anda telah 'offside' deh, mulai membahas di salib ada setan, 'jin kafir'. Sebenarnya yang ada katakan 'jin kafir' dalam Kristen itu adalah ROH KUDUS, yang pasti akan membuat gentar, mereka-mereka yang hidupnya dikuasai kegelapan," terang @pastorgilbert.

Kendati demikian, ia mendoakan UAS supaya diberi kebaikan di momen kemerdekaan Indonesia yang sarat makna persatuan.

"Doa kami menyertai Ustadz sehingga hati Uztadz dipenuhi cinta dan semangat persatuan dan kesatuan khususya di bulan kemerdekaan ini dalam pemberitaan ajaran agama yang intinya selalu kasih & cinta. Salam perdamaian Indonesia penuh kasih," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam video yang viral UAS menyampaikan ceramah tentang hukum melihat salib. Seketika rekaman tersebut menggegerkan dunia maya karena menampilkan pernyataan yang dinilai menghina umat Kristen dan Katolik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS