Hasto Dipanggil KPK Terkait Wahyu Setiawan, Ferdinand: Periksa Hari Ini

Iwan Supriyatna | Rifan Aditya
Hasto Dipanggil KPK Terkait Wahyu Setiawan, Ferdinand: Periksa Hari Ini
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

"Segera itu tidak berlama-lama dan tidak berlarut-larut," kata politikus Partai Demokrat tersebut.

Suara.com - Wakil Ketua KPK Lili Pantuali Siregar menyebut akan memangil pihak-pihak yang diduga terlibat dalam kasus suap terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Tidak terkecuali memanggil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

Menanggapi hal itu, politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean meminta KPK untuk segera bertindak dan tidak berlama-lama.

Ia khawatir jika tidak segera dilakukan pemeriksaaan, tindakan pengkondisian barang bukti dapat terjadi.

Hal ini disampaikan Ferdinand melalui cuitan yang diunggah ke akun Twitter pribadinya @FerdinandHaean2 pada Jumat (10/1/2020).

"Segera itu tidak berlama-lama dan tidak berlarut-larut. Periksa hari ini untuk menghindari terjadinya pengkondisian terhadap saksi dan barang bukti serta alat-alat bukti lainnya," tulis Ferdinand.

Namun jika pada akhirnya Hasto Kristiyanto tidak terbukti terlibat kasus suap, saran Ferdinand, nama baik Sekjen PDIP itu juga harus dipulihkan.

"Jika memang tak terbukti maka Hasto bebas dan nama baiknya harus dipulihkan," ujarnya.

Ferdinand Hutahaean meminta KPK segera periksa Hasto Kristiyanto (twitter @FerdinandHaean2)
Ferdinand Hutahaean meminta KPK segera periksa Hasto Kristiyanto (twitter @FerdinandHaean2)

KPK bakal memanggil Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terkait kasus suap terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan terkait pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024.

Sementara itu, Lili menyebut tidak hanya Hasto yang akan dipanggi KPK.

"Untuk soal manggil pihak-pihak terkait yang disebut, misalnya seperti Pak Hasto, ini kembali ke penyidikan. Tetapi mungkin tidak saja hanya kepada Hasto tetapi mungkin kepada pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan pengembangan perkara ini pasti juga ada panggilan-panggilan," ujar Lili di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (9/1/2020).

Lili juga memastikan KPK sedang mendalami sumber uang suap yang diberikan kepada Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Sumber dana ini sedang didalami oleh teman-teman di penyidikan. Kemudian ada beberapa misalnya pihak swasta itu kan menjadi sumber aliran juga kan, yang membawa dan mengantarkan," ungkap Lili.

Kekininan, Wahyu Setiawan ditetapkan tersangka bersama eks anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Agustiani Tio Fridelina (ATF). Agustiani merupakan orang kepercayaan Wahyu.

Selain Wahyu dan Agustiani, anggota DPR RI dari PDIP, Harun Masiku dan Saeful, staf di PDIP sebagai tersangka dalam kasus yang sama. Keduanya berperan sebagai pemberi suap.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS