alexametrics

PAN: Posisi Amien Rais Tertinggi, Tak Akan Tergantikan

Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah
PAN: Posisi Amien Rais Tertinggi, Tak Akan Tergantikan
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menengahi kericunan dalam Rakernas ke V PAN, SAbtu (7/12/2019). [Suara.com/Ria Rizki Nirmala Sari]

"...Dia tokoh sentral kan, pendiri, apa, jadi dia tetap yang tertinggi kalau di partai, Pak Amien..."

Suara.com - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan bahwa posisi Amien Rais tidak akan tergantikan di dalam internal partai.

Diketahui seusai kongres, Amien kini tidak lagi menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan. Kendati begitu, ia menyebut bahwa sebagai pendiri, posisi Amien masih menjadi yang tertinggi.

"Kalau Pak Amien itu bagi partai dia posisinya gak tergantikan. Dia tokoh sentral kan, pendiri, apa, jadi dia tetap yang tertinggi kalau di partai, Pak Amien. Siapa mau gantikan Pak Amien?" kata Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Meski menyebut posisi Amien menjadi yang tertinggi, namun Yandri tidak bisa memastikan apakah Amien bakal menjabat kembali sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN atau jabatan lainnya.

Baca Juga: PAN: Zulhas Jadi Ketua Umum, Kami Lepas dari Belenggu Amien Rais

"Nah itu tanya ke Bang Zul saja deh gimana kalau posisi formalnya. Tapi kalau posisi di PAN ya Pak Amien tetap yang tertinggi, siapa mau gantikan Pak Amien? Dia pendiri, dia tokoh sentral," ujar Yandri.

Yandri mengatakan bahwa susunan baru kepengurusan PAN sudah disiapkan dan secara resmi bakal segera dilaporkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

"Kalau saya dengar infonya begitu, mudah-mudahan minggu ini. Tapi kami lihat perkembangan dulu, apakah memang semua unsur ataupun kebutuhan kepengurusan yang diinginkan oleh ketua umum untuk mempercepat laju konsolidasi, rekomendasi dan sebagainya itu sudah bisa terpenuhi gak sebelum diserahkan kepada Kumham," tutur Yandri.

Komentar