Malaysia Akan Jadi Negara Penerima Obat Covid-19 dari WHO

Dwi Bowo Raharjo | Farah Nabilla
Malaysia Akan Jadi Negara Penerima Obat Covid-19 dari WHO
Avigan dan Klorokuin disebut efektif mengobati pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19. (Shutterstock)

Sudah ada 10 negara yang mengonfirmasi untuk terlibat dalam uji coba obat penyembuh covid-19

Suara.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memilih Malaysia sebagai salah satu negara penerima obat untuk menangkal virus corona atau covid-19.

Mengalihbahasakan dari Straits Times, Malaysia telah ditunjuk oleh WHO sebagai saah satu negara yang akan menjalankan uji coba efektivitas obat Remdesivir untuk mengobati pasien covid-19.

Dewan Keamanan Nasional (NSC) mengklaim Malaysia dipilih karena kemampuan Kementerian Kesehatan setempat dalam melakukan penelitian.

Dirjen Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan Malaysia akan mengujikan obat Remdesevir kepada pasien covid-19 dan mereka akan memantau efek yang akan ditimbulkannya.

Melalui Facebook-nya, Datuk Dr Noor Hisham menuliskan, "WHO fokus pada empat terapi yang paling memungkinkan: senyawa antivirus eksperimental yang disebut remdesivir; obat malaria chloroquine dan hydrochloroquine; kombinasi dua obat HIV, lopinavir dan rtonavir; dan kombinasi yang sama ditambah interferon-beta, suatu penghantar sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu melumpuhkan virus".

Sementara itu, melalui laman resminya, WHO mengumumkan ada beberapa negara yang telah dikonfirmasi untuk ikut serta dalam uji coba pertama obat covid-19.

Percobaan yang dinamai Solidarity Trial ini diikuti oleh Argentina, Bahrain, Kanada, Perancis, Iran, Norwegia, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss dan Thailand.

Sedangkan uji coba pengobatan pertama akan dilakukan kepada pasien dari Norwegia dan Spanyol.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS