Warga Malaysia Dapat Internet Gratis di Tengah Wabah Virus Corona

Dany Garjito | Rifan Aditya
Warga Malaysia Dapat Internet Gratis di Tengah Wabah Virus Corona
Ilustrasi Bendera Malaysia (Shutterstock).

Perusahaan telekomunikasi setempat menyambut baik langkah pemerintah Malaysia.

Suara.com - Pemerintah Malaysia memberikan internet gratis untuk warganya di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Langkah ini menindaklanjuti keputusan dari Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin yang telah menggelontorkan dana $ 58 miliar atau senilai Rp 928 triliun, disadur dari Mashable, Minggu (29/3/2020).

Muhyiddin Yassin telah mengumumkan paket stimulus ekonomi sebesar 250 miliar ringgit untuk membantu warga Malaysia yang terkena dampak pandemi virus corona.

Melalui paket stimulus ekonomi, warga Malaysia akan menerima internet gratis senilai US $ 139 juta (Rp 2,2 triliun) mulai 1 April 2020 hingga status darurat berakhir.

Pemerintah Malaysia juga memberikan tambahan US $ 93 juta (Rp 1,4 triliun) untuk meningkatkan kemampuan jangkauan jaringan.

Paket stimulus ekonomi ini 10 kali dari yang diumumkan oleh pendahulu Muhyiddin, Mahathir Mohamad.

Pada bulan Februari lalu, Mahathir telah mengalokasikan US $ 4,6 miliar (Rp 73,6 triliun) untuk meredam dampak ekonomi dari virus tersebut.

Saat mengumumkan paket stimulus ekonomi itu, Jumat (27/3/2020), Muhyiddin berkata, "Seperti yang saya katakan, tidak ada yang akan tertinggal. Situasi yang kita hadapi sekarang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah".

Ia menambahkan, "Pemerintah ini mungkin bukan pemerintah yang Anda pilih. Tetapi saya ingin Anda semua tahu bahwa pemerintah ini peduli terhadap Anda".

"Saya pasrah pada kenyataan bahwa saya datang sebagai perdana menteri bukan pada saat terbaik. Saya menghadapi krisis politik, ekonomi dan kesehatan pada saat yang bersamaan," kata Muhyiddin.

Muhyiddin Yassin ditunjuk menjadi Perdana Menteri Malaysia yang baru. (Foto: AFP)
Muhyiddin Yassin ditunjuk menjadi Perdana Menteri Malaysia yang baru. (Foto: AFP)

Sementara itu, perusahaan telekomunikasi setempat menyambut baik langkah pemerintah Malaysia.

Dilaporkan The Star, Jumat (27/3/2020), pengguna Maxis, Celcom, Digi, dan U Mobile prabayar dan pascabayar akan menerima data 1GB gratis setiap hari. Mereka dapat memakainya mulai pukul 08.00 hingga 18.00, pada 1 April.

Telekom Malaysia (TM) dan Time mendukung operator seluler dengan menyediakan kapasitas tambahan untuk melayani permintaan yang lebih tinggi.

CEO Celcom Idham Nawawi mengumumkan melalui Twitter bahwa semua pelanggannya akan diberikan data gratis tanpa syarat.

Operator seluler lainnya, U Mobile telah memberi pemberitahuan yang menyatakan bahwa penawaran ini terbuka untuk semua pelanggan aktif (pascabayar, prabayar, broadband) dengan syarat tertentu.

Lalu, Telco mengatakan tidak akan ada batas kecepatan dan data untuk layanan gratis ini. Internet gratis ini dapat juga dipergunakan untuk berbagi dengan orang lain melalui hotspot seluler.

Setelah data harian 1GB digunakan sepenuhnya, pengguna akan diberi tahu melalui SMS.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS