Khawatir COVID-19, Gubernur di Jepang Isolasi Kucing Hadiah dari Putin

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Khawatir COVID-19, Gubernur di Jepang Isolasi Kucing Hadiah dari Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin menggendong seekor kucing saat melakukan kunjungan ke sebuah daerah pada tahun 2015. [AFP]

Kucing tersebut diberikan Putin kepada Gubernur Prefektur Akita, Jepang, 8 tahun lalu.

Suara.com - Mir, kucing milik Gubernur Prefektur Akita, Jepang, Norihisa Satake harus menjalani isolasi atau karantina mandiri di rumah pemiliknya. Hal itu untuk menghindari infeksi virus Corona.

Mir diketahui bukanlah kucing sembarangan. Kucing berjenis Siberia itu merupakan hadiah yang diberikan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Norihisa pada Februari 2012 lalu.

Sadar kucing menjadi salah satu hewan yang rentan terpapar virus corona, Norihisa kini mengisolasi Mir bersama enam kucing lainnya di rumah.

"Kami sangat terganggu oleh laporan bahwa adanya kasus infeksi virus corona kepada kucing di Amerika Serikat," ujar Norihisa dilansir dari Tass, Rabu (29/4/2020).

"Jadi kami memastikan Mir untuk tidak berhubungan dengan siapa pun selain keluarga kami di rumah. Kami harap pandemi Covid-19 ini segera berakhir," tambahnya.

Sejak kali pertama datang dari Rusia delapan tahun lalu, Mir kini telah menjadi salah satu kucing kesayangan Gubernur Norihisa.

Sebagai seekor hewan, Mir menjadi simbol diplomasi antara pemerintahan Jepang dan Rusia.

Pada musim panas 2012, Gubernur Norihisa memberikan hadiah anjing jenis Akita Inu kepada Putin. Itu merupakan tanda terimakasih karena Rusia telah membantu Jepang saat ditimpa gempa pada 2011.

Gempa yang sangat kuat itu pada akhirnya menimbulkan tsunami besar hingga menyebabkan bencana Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima-1.

Sebagai tanggapan, pemerintah Rusia pada akhirnya menjadikan Mir sebagai hadiah. Kucing berwarna abu-abu itu dipilih setelah pihak Rusia tahu gubernur Norihisa lebih suka memelihara kucing dibandingkan anjing.

"Sudah delapan tahun sejak Mir menjadi bagian dari keluarga kami. Mir hidup sempurna dengan enam kucing lain yang tinggal di rumah kami" kata gubernur.

"Ini adalah makhluk istimewa bagiku: jiwaku beristirahat ketika aku melihat wajahnya," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS