Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Bimbim Slank Ucapkan Selamat Kepada Komunisme?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Bimbim Slank Ucapkan Selamat Kepada Komunisme?
Cek fakta bimbim ucapkan selamat kepada komunisme. (Turnbackhoax.id)

Informasi ini diunggah oleh sebuah akun Twitter dengan melampirkan pernyataan dari Bimbim Slank.

Suara.com - Beredar sebuah video yang menyebut bahwa Bimbim Slank dianggap mengucapkan selamat kepada komunisme.

Narasi ini dibagikan oleh akun Twitter NyaiBack @CintaNKRI08 yang mengunggah sebuah video Bimbim yang sedang memberikan pernyataan.

Narasi dalam unggahan video itu berisi:

"Selama Dirimu Mimpin Jow @jokowi. Semua Terang Benderang Ttg Komunisme, Salah Satu Pendukung setia mu Mantan pemakai Narkoba .ternyata Saya Tahu siapa dia sekarang ? #RakyatKompakTumpasPKI"

Cek fakta bimbim ucapkan selamat kepada komunisme. (Turnbackhoax.id)
Cek fakta bimbim ucapkan selamat kepada komunisme. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Bimbim mengucapkan selamat kepada PKI?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, unggahan yang memuat informasi bahwa Bimbim mengucapkan sesuatu terkait komunis adalah salah.

Dari pencarian yang dilakukan dengan menelusuri loho bertuliskan 'Boedoet' dalam video tersebut, ditemukan bahwa video itu serupa dengan yang diunggah oleh akun Boedoet 40 di @Boedoetcus.

Twit tersebut diunggah pada 21 Mei 2020 pukul 04.30 WIB yang memuat Bimbim sedang mengucapkan ulang tahun kepada sekoah Boedi Oetomo.

"Masih suasana#Boedoet112tahun. Kali ini ucapan selamat ulang tahun dari Bimbim Slank," cuit akun @Boedoetcus.

Selain itu, akun Slank Band (@slankdotcom) memberi klarifikasi terkait isi video tersebut.

"Kita lurusin ya guys di video ini #Bim2x ngucapin selamat hari hadi Boedoet yang diakhiri kalimat 'peace always'. Coba dengerin pelan-pelan, pakai headphone biar jelas. Nggak baik nyebarin fitnah/hoax, apalagi di bulan suci," tulis keterangan akun @slankdotcom.

Cek fakta klarifikasi Slank soal Bimbim ucapkan selamat kepada Komunisme. (Turnbackhoax.id)
Cek fakta klarifikasi Slank soal Bimbim ucapkan selamat kepada Komunisme. (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Unggahan yang mengebut bahwa Bimbim Slank mengucapkan selamat kepada Komunisme adalah klaim yang salah. Konten tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan dalam klasifikasi hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS