Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Wapres Sebut Nonton Konser Pahalanya Melebihi Puasa?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Wapres Sebut Nonton Konser Pahalanya Melebihi Puasa?
Cek Fakta Artikel soal klaim Wapres Maruf Amin. (Turnbackhoax.id)

Klaim ini diunggah di sebuah grup Facebook.

Suara.com - Beredar unggahan yang melampirkan potongan artikel berjudul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Anda Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa".

Potongan berita itu diunggah oleh sebuah akun Facebook Putra Inka ke grup INDONESIAN BERSUARA dengan narasi keterangan foto sebagai berikut:

"Ini Menari Di Atas Luka Rakyat Mbah Amin Di Lockdown Rakyat Patuh,Rakyat Suruh Di Rumah Saja Rakyat Nurut,Di Suruh Ndak Mudik Rakyatpun Nurut,Di Suruh Ibadah Di Rumah Jg Nurut,Lha Ini Bertajuk Konser Tanggal 23 mei Tapi Sebenarnya Mereka Merayakan ULTAH PKI Yg ke 100.
Saya Mbah 7 turunan ndak Sudi Nonton Dan Berdonasi Di Konser PKI Ke 100."

Cek Fakta klaim wapres Maruf Amin soal konser dibolehkan saat Ramadan. (Turnbackhoax.id)
Cek Fakta klaim wapres Maruf Amin soal konser dibolehkan saat Ramadan. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Wapres Maruf Amin menyebut bahwa tak masalah mengadakan konser di bulan Ramadan, dan menyebut bahwa yang ikut menonton dan berdonasi pahalanya melebihi puasa?

Penjelasan

Berasarkan penelusuran Turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, klaim bahwa ada artikel berjudul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Anda Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa" adalah klaim yang salah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, gambar tangkapan layar artikel berita itu adalah hasil suntingan atau manipulasi.

Artikel yang sebenarnya adalah berjudul "Wapres Menyayangkan Khofifah Mengizinkan Salat Idulfitri Berjemaah di Masjid" yang dimuat di situs berita JPNN.com pada Senin, 18 Mei 2018.

Artikel tersebut berisi tentang permintaan Wakil Presiden Maruf Amin kepada semua kepala daerah agar memenuhi aturan dan imbauan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan di tempat ibadah.

Termasuk pelaksanaan salat Idul Fitri pada 24 Mei mendatang.

Cek Fakta Artikel soal klaim Wapres Maruf Amin. (Turnbackhoax.id)
Cek Fakta Artikel soal klaim Wapres Maruf Amin. (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Artikel yang memuat klaim Wakil Presiden Maruf Amin dengan judul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Anda Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa" adalah klaim yang salah. Unggahan tersebut adalah hasil manipulasi yang masuk dalam kategori hoax.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS