Ikea Jerman Sulap Tempat Parkir Jadi Area Salat Idul Fitri

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Suliastini
Ikea Jerman Sulap Tempat Parkir Jadi Area Salat Idul Fitri
Ilustrasi Salat Id. (5/6/2019). [Antara/Rahmad]

Area parkir ini jadi alternatif ruang untuk salat Id kala pandemi.

Suara.com - Toko Ikea di dekat Frankfurt, Jerman meminjamkan area parkir mobilnya pada sebuah masjid lokal agar bisa dipakai merayakan Idul Fitri. Menyadur BBC, ide ini datang dari seorang pengurus masjid bernama Kadir Terzi.

Seperti negara lain, Jerman juga sudah membuka kembali tempat ibadah pascapandemi, termasuk masjid. Namun warganya harus tetap mengikuti aturan baru, seperti menjaga jarak agar penyebaran virus corona dapat ditekan.

Hal ini membuat para pengurus masjid memutar otak untuk mencari ruang alternatif yang bisa mengakomodasi banyak orang saat salat Id.

Salah satunya datang dari Kadir yang berinisiatif melakukan pendekatan pada Ikea. Ia berharap toko perlengkapan rumah tangga itu bersedia meminjamkan area parkirnya yang luas.

Awalnya Kadir mengaku pesimistis, idenya akan disetujui. Ia bahkan tak berharap menerima tanggapan positif dari pihak Ikea. Namun kenyataannya justru terbalik.

"Manajer toko tidak ragu-ragu sedetik pun dan berkata 'ya, Anda bisa salat'. Saya terkejut dan senang pada saat yang sama," ujar Kadir Terzi seperti yang disadur pada Rabu (27/05/2020).

Umat muslim Jerman salat Id di area parkir Ikea. (Twitter/@@SNCarlyAgro)
Umat muslim Jerman salat Id di area parkir Ikea. (Twitter/@SNCarlyAgro)

Ia kemudian mengatur salat bersama dengan masjid Ditib Wetzlar. "Salat penutup dengan semua Muslim di Wetzlar seperti hadiah bagi kami," lanjutnya.

Kadir Terzi mengatakan kegiatan ini sangat penting karena banyak jamaah merasa terisolir selama Ramadan karena virus corona. Biasanya bulan puasa adalah waktu yang sibuk ketika keluarga dan masyarakat berkumpul setiap malam untuk berbuka puasa dan mengatur kegiatan amal.

"Itu adalah bulan Ramadan yang sama sekali berbeda, tanpa kontak, tanpa kunjungan dan tanpa berbuka puasa bersama," ungkapnya.

Keputusan itu dipuji oleh banyak orang di media sosial. Wartawan Kanada Carly Agro memposting foto ini dan menulis "ini adalah cinta dan kebaikan yang dibutuhkan dunia saat ini".

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS