Anies, Ganjar, dan Emil Raup Keuntungan Politik di tengah Krisis Covid-19

Liberty Jemadu | Fakhri Fuadi Muflih
Anies, Ganjar, dan Emil Raup Keuntungan Politik di tengah Krisis Covid-19
Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi. (Suara.com/Ria Rizki)

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil yang paling banyak dapat momentum dalam konteks penanganan Covid-19.

Suara.com - Tiga gubernur disebut meraup keuntungan politik dari krisis Covid-19 di Tanah Air dan mereka adalah Anies Baswedan dari Jakarta, Ganjar Pranowo dari Jawa Tengah, serta Ridwan Kamil dari Jawa Barat.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi menyebut tiga orang gubernur itu berhasil merebut perhatian selama pandemi Covid-19 dan juga karena Presiden Joko Widodo tak bisa maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Pemerintah daerah, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil yang paling banyak dapat momentum dalam konteks penanganan Covid-19," ujar Burhanudin dalam diskusi di web seminar, Selasa (2/6/2020).

Ia mengatakan penanganan corona di daerah masing-masing jika berhasil akan menjadi modal besar untuk ditonjolkan saat Pilpres nanti. Terlebih lagi Kepala Daerah dianggap mendapatkan panggung besar saat pandemik ini.

"Kalau mereka mampu menunjukan penanganan Covid-19 itu baik di wilayah masing-masing, itu tiket yang baik buat mereka untuk 2024," jelasnya.

Baca Juga: Berani Korupsi Saat Pandemi, Ganjar Pranowo : Langsung Saya Seret ke KPK!

Kendati demikian, ada juga tiga Gubernur yang justru elektabilitasnya merosot karena corona. Di antaranya adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Misalnya Khofifah, yang muncul malah ributnya dengan Risma (Wali Kota Surabaya) atau Gubernur Banten Wahidin Halim, atau Gubernur Sumut, itu panggungnya kurang kelihatan," pungkasnya.

Baca Juga: Hasil Survei: Banyak Warga Tak Puas Terhadap Kinerja Jokowi Tangani Corona

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS