Bertindak Rasis dan Fitnah Pria Kulit Hitam, Wanita AS Terancam Penjara

Rendy Adrikni Sadikin | Arief Apriadi
Bertindak Rasis dan Fitnah Pria Kulit Hitam, Wanita AS Terancam Penjara
Amy Cooper memfitnah pria kulit hitam bernama Christian Cooper dengan membuat panggilan palsu ke kepolisian New York. (Christian Cooper via AP).

Amy Cooper memfitnah pria kulit hitam bernama Christian Cooper dengan membuat panggilan palsu ke kepolisian New York.

Suara.com - Amy Cooper (41), wanita kulit putih asal Amerika Serikat telah dipecat dari pekerjaan dan terancam hukuman penjara usai melakukan tindak rasial terhadap pria kulit hitam di Central Park, New York.

Menyadur, Aljazeera, Amy Cooper memfitnah pria kulit hitam bernama Christian Cooper dengan membuat panggilan palsu ke kepolisian New York.

Dalam laporannya, Amy Cooper megadu pada polisi bahwa pria kulit hitam itu telah mengancam nyawa, lantaran meminta dia melepas ikatan pada anjingnya yang terlihat tercekik.

Dalam penggalan video yang direkam Christian Cooper, Amy juga mengatakan kata-kata berbau rasial. Dia memanggil Christian Cooper dengan sebutan 'Afro-Amerika'.

Atas tindakannya itu, pengadilan distrik Manhattan pada Senin (6/7/2020) mendakwa Amy melakukan tindak kriminal dan terancam hukuman hingga satu tahun penjara.

Jaksa Distrik Manhattan, Cy Vance mengatakan, Cooper diperkirakan akan didakwa pada 14 Oktober.

"Kami sangat berkomitmen untuk meminta pertanggungjawaban pelaku," kata Vance dikutip Aljazeera, Selasa (7/7/2020).

Insiden itu terjadi pada 25 Mei lalu atau beberapa jam sebelum George Floyd meninggal dunia usai dicekik menggunakan lutut oleh anggota polisi Minneapolis, Derek Chauvin.

Sebelum mendapat dakwaan kriminal, Amy Cooper telah lebih dulu dipecat dari pekerjaannya di perusahaan investasi Franklin Templeton sehari setelah kejadian.

Pengacaranya, Robert Barnes pada Senin (7/7/2020), mengatakan Amy tidaklah bersalah dan menyebut keputusan hakim terlalu terburu-buru dalam kasus ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS