Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Baju Tentara China Dicuci Laundry di Kelapa Gading?

Dany Garjito | Rifan Aditya
CEK FAKTA: Baju Tentara China Dicuci Laundry di Kelapa Gading?
Penjelasan Cek Fakta, terdapat aksara Hangeul identik seragam militer Korea Selatan (Turnbackhoax.id)

Benarkah baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading?

Suara.com - Akun Facebook Dini Wahyuni Lubis membagikan video yang diklaim baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading. Postingan itu diunggah pada 21 Juli 2020.

Namun unggahan itu telah telah dihapus tak lama setelah videonya ramai menjadi perbincangan di jagat maya.

Video tersebut memperlihatkan beberapa baju loreng yang khas dipakai oleh militer. Ada aksara mandarin yang diklaim berasal dari China dan tertempel di baju tersebut.

Berikut ini narasi yang ditulis oleh akun Facebook Dini Wahyuni Lubis untuk video itu.

"Baju tentara China di cuci Laundry di Kelapa Gading….Parah nih udah banyak tentara China,udah siap perang kynya (emotikon marah)."

Cek fakta, video yang diklaim baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading (Turnbackhoax.id)
Cek fakta, video yang diklaim baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading (Turnbackhoax.id)

Benarkah baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Minggu (26/7/2020), video yang diklaim akun Facebook Dini Wahyuni Lubis sebagai baju tentara China dicuci laundry di Kelapa Gading adalah tidak benar.

Seragam yang terlihat pada video bukan milik tentara China melainkan baju militer Korea Selatan. Hal tersebut diklarifikasi oleh Koordinator Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITCC) Andree So.

"Bukan Tiongkok itu. Huruf Mandarin itu ribet. Kalau itu kan simple," pungkas Andree, dilansir dalam artikel Jawa Pos di pressreader.com, Kamis, 23 Juli 2020.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS