Siswa Miskin Sulit Belajar, Anies Diminta Pasang WiFi Gratis di Tiap RW/RT

Agung Sandy Lesmana
Siswa Miskin Sulit Belajar, Anies Diminta Pasang WiFi Gratis di Tiap RW/RT
Ilustrasi--penampakan siswi saat belajar online. [ANTARA FOTO/Arif Firmansyah]

"Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, WiFi gratis untuk orang-orang miskin dan tidak mampu untuk anak mereka belajar,"

Suara.com - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel atau WiFi gratis untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi COVID-19.

"Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, WiFi gratis untuk orang-orang miskin dan tidak mampu untuk anak mereka belajar," kata Lukmanul seperti dilaporkan Antara, Selasa (4/8/2020).

WiFi menurut Wikipedia adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel dengan menggunakan gelombang radio melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi.

Politikus PAN itu mengemukakan bahwa WiFi gratis diperlukan khususnya bagi warga-warga di pemukiman padat penduduk.

Tidak hanya itu, ia menilai WiFi gratis itu menjadi urgensi karena pandemi COVID-19 berdampak sangat besar terhadap kegiatan perekonomian di Ibu Kota termasuk warga dengan status ekonomi rendah.

"Ini (PJJ) menjadi persoalan baru, karena sekarang masyarakat itu susah ekonominya. Ada tuntutan daring untuk sekolah anaknya dan harus beli paket setiap hari," ujar Lukmanul.

Ia mengharapkan Pemprov DKI dapat menggandeng penyedia jasa internet untuk pengadaan WiFi tak berbayar itu di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau masyarakat seperti di pos khusus di RW/RT.

"Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, WiFi gratis untuk orang-orang miskin dan tidak mampu untuk anak mereka belajar," kata Lukmanul.

Ide ini, dia melanjutkan, tadinya akan disampaikan dalam rapat komisi A bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI.

Namun sayangnya, kata dia, ide tersebut harus tertunda untuk disampaikan karena adanya penutupan Gedung DPRD di Jalan Kebon Sirih akibat sterilisasi kawasan usai ditemukannya kasus COVID-19.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS