Kenapa HP Harus Dimatikan saat Pesawat Take Off dan Landing?

Dany Garjito
Kenapa HP Harus Dimatikan saat Pesawat Take Off dan Landing?
Ilustrasi penumpang pesawat (Shutterstock).

Ini jawaban kenapa HP harus dimatikan saat pesawat take off dan landing.

Suara.com - Pesawat menjadi salah satu transportasi yang memiliki aturan dan larangan yang lebih ketat dibandingkan dengan alat transportasi yang lain. Aturan dan larangan tersebut berlaku tentu dengan tujuan untuk keamanan, keselamatan serta kenyamanan para penumpang, kru yang bertugas dan maskapai penerbangan itu sendiri. Salah satu pelarangan yang sering kita ketahui adalah larangan penggunaan handphone (hp) saat berada dalam pesawat. Lantas kenapa HP harus dimatikan saat pesawat take off dan landing?

Pelarangan penggunaan hp saat sedang di dalam pesawat telah lama diberlakukan oleh seluruh maskapai di dunia dan penumpang harus mematuhi aturan tersebut. Saat sebelum take off pramugari akan memperingatkan melalui pengeras suara bahwa hp harus dialihkan ke mode pesawat (airplane mode) atau dinonaktifkan.

Ponsel yang menyala saat berada di dalam pesawat dapat memantulkan sinyal dari beberapa menara operator seluler yang dilewati pesawat, sehingga mampu mengirimkan sinyal yang jauh lebih kuat. Dan ini merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi keselamatan awak dan para penumpang pesawat.

Larangan terkait dengan menggunakan hp di pesawat

Ilustrasi penumpang pesawat. (Unsplash/Bambi Corro)
Ilustrasi penumpang pesawat. (Unsplash/Bambi Corro)

Apa saja pelarangan terkait dengan menggunakan hp di pesawat? Meski setiap hp memiliki mode pesawat (airplane mode), sebaiknya mematikan hp saat take off maupun landing. Kondisi ini merupakan kondisi yang genting saat dalam penerbangan. Dengan terpancarnya sinyal pada hp, dapat menyebabkan terganggunya komunikasi radio. Pilot akan kesusahan mendengar informasi pengawas lalu lintas penerbangan.

Kapan hp boleh digunakan saat di dalam pesawat?

Pelarangan menyalakan hp berlaku saat take off maupun saat landing. Ketika pesawat sudah stabil di atas, maka boleh menggunakan hp dengan syarat memakai mode pesawat atau airplane mode. Hal yang mengganggu pesawat ketika take off dan landing adalah sinyal elektromagnetik karena hp otomatis mencari sinyal dan jika sinyal terlalu banyak akan mengganggu. Alangkah baiknya untuk mematikan atau menggunakan mode pesawat (airplane mode) pada hp saat sedang take off dan landing.

Selain dalam posisi take off dan landing, penumpang juga dapat menggunakan hpnya namun dalam posisi mode pesawat (airplane mode). Jika pesawat memiliki fasilitas WiFi, penumpang juga dapat menggunakannya. Karena sinyal pada WiFi bertujuan untuk memusatkan sinyal dari seluruh hp dalam pesawat jika dapat mencegah terjadinya gangguan navigasi yang disebabkan oleh sinyal elektromagnetik.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS