Selain Beasiswa Veronica, Rakyat Papua Juga Serahkan Bendera Merah Putih

Reza Gunadha | Farah Nabilla
Selain Beasiswa Veronica, Rakyat Papua Juga Serahkan Bendera Merah Putih
Perwakilan rakyat Papua yang tergabung dalam Tim Solidaritas Ebamukai saat hendak mengembalikan dana beasiswa aktivis HAM Veronica Koman ke kantor Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020). [Suara.com/Bagaskara]

"Hari ini telah mengembalikan uang beasiswa Veronica Koman kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga lunas. Selain itu, kami juga mengembalikan Bendera Merah Putih,"

Suara.com - Tim Solidaritas Ebamukai untuk Veronica Koman berhasil mengumpulkan dana beasiswa LPDP yang dikembalikan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Selain dana sebesar Rp. 773.876.918, mereka juga menyerahkan bendera Merah Putih secara simbolis yang diwakili oleh eks tahanan politik Ambrosius Mulait dan Dano Tabuni didampingi pengacara HAM Michael Himan.

"Hari ini telah mengembalikan uang beasiswa Veronica Koman kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga lunas. Selain itu, kami juga mengembalikan Bendera Merah Putih," demikian keterangan dari mereka yang diterima Suara.com, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, Tim Solidaritas Ebamukai juga mengembalikan Status Otonomi Khusus Papua serta dana otonominya secara simbolis.

"Serta secara simbolis mengembalikan Status Otonomi Khusus Papua berupa salinan Undang-undang Otsus, dan secara simbolis mengembalikan Dana Otonomi Khusus Papua berupa uang receh sebesar satu juta rupiah kepada pemerintah Indonesia," lanjut mereka.

Kendati sudah melayangkan permohonan audiensi sejak dua hari lalu, namun setibanya di kantor LPDP, mereka tidak mendapat tanggapan. Begitu pula ketika bergeser ke kantor Kementerian Keuangan.

"Kami akhirnya menyerahkan pengembalian beasiswa, bendera, status otsus, dan dana otsus ke Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan untuk dititipkan kepada Pak Mahfud MD karena beliau sudah menanyakan perihal beasiswa Veronica Koman sejak tahun lalu," bunyi pers rilis tersebut.

Sebelumnya, Tim Solidaritas Ebamukai untuk Veronica Koman sudah mengumpulkan seluruh uang yang ditagih oleh LPDP sebesar Rp773.876.918, uang ini rencananya diserahkan ke Kemenkeu pada hari ini pukul 13.00 WIB siang.

"Kami mewakili rakyat Papua, besok akan antar pengembalian dana beasiswa LPDP terhadap Veronica Koman ke Kementerian Keuangan," kata mantan tahanan politik Papua di Jakarta, Ambrosius Mulait kepada Suara.com, Selasa (15/9).

Ambrosius menjelaskan, uang tersebut berhasil dikumpulkan melalui sumbangan sukarela dari berbagai pihak.

"Dana yang terkumpul Ebamukai (sumbang sukarela) dari solidaritas rakyat Papua dan internasional telah mengumpulkan dana sesuai tagihan LPDP terhadap Veronica Koman," terangnya.

Menurutnya dana yang mereka kumpulkan untuk menanggung tagihan Veronica Koman adalah bentuk solidaritas terhadap aktivis yang selama ini selalu menyuarakan permasalahan HAM di Papua.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS