Puji Anies, Tengku: Enak Jadi Orang Bisa Inggris Tanpa Roaming, Keren Pula

Siswanto
Puji Anies, Tengku: Enak Jadi Orang Bisa Inggris Tanpa Roaming, Keren Pula
Gubernur Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Kota Buenos Aires, Argentina. Dia didampingi dua ahli tata kota Pablo dan Carlos, 2018 [Twitter Anies Baswedan]

Sebelum komentarnya mendapatkan reaksi dari netizen, Tengku melanjutkan kalimat dengan satire. Begini ucapannya.

Suara.com - Pada awal November 2018, Gubernur Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Kota Buenos Aires, Argentina. Di sana, dia belajar tentang tata kota karena dalam urusan lalu lintas, ada beberapa kemiripan masalah dan perilaku antara warga Jakarta dan Buenos Aires.

Anies didampingi Pablo dan Carlos, dua orang direktur di kantor wali kota setempat untuk melihat-lihat sejumlah perubahan lalu lintas kendaraan dan tata kota Buenos Aires. Sambil berjalan, mereka diskusi tentang berbagai masalah perkotaan.

Foto Anies tengah tukar pikiran bersama Pablo dan Carlos sambil berjalan melihat perubahan lalu lintas dan problematika kota kembali diunggah Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Tengku Zulkarnain ke media sosial, baru-baru ini.

Dia menyatakan bangga dengan kemampuan komunikasi Anies, terutama dalam menggunakan bahasa internasional.

"Enak jadi orang yang mampu berbahasa Inggris tanpa pakai roaming. Wajah ganteng pula. Cerdas dan gagah," kata Tengku.

Sebelum komentarnya mendapatkan reaksi dari netizen, Tengku melanjutkan kalimat dengan satire.

"Bagaimana kaum seberang pluto tidak iri? Makanya milih pemimpin itu jangan asal-asalan. Kata orang Jawa lihat bibit, babat, dan bobotnya juga. Sehingga tidak perlu bayar buzzers." (mungkin yang dimaksud Tengku "bebet."

Sejumlah netizen tampaknya kesal dengan Tengku yang dinilai membangga-banggakan Bahasa Inggris, pakai satire pula. "Tuh lihat dari orok lagi Pangeran Charles dari England pinter Bahasa Inggris nggak ada pun dia disombongkan. Mosok sampeyan sekelas ustaz malah banggain Bahasa Inggris daripada Bahasa Arab," kata netizen.

Dapat reaksi demikian, Tengku malah mencandainya.

"Anda jangan nyindir. Nggak baik itu, mas. Wong Bahasa Inggris, bahasa internasional yang wajib dipelajari dari SMP sampai sarjana saja, si dia itu nggak beres, apalagi disuruh berbahasa Arab... Ente nyindirnya kengetan ah..." kata Tengku. Mungkin yang dimaksud Tengku sebagai "kengetan" adalah "kebangetan."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS