Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Banser adalah Besan PKI?

Dany Garjito | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Banser adalah Besan PKI?
Cek fakta benarkah Banser adalah besan PKI? (Turnbackhoax.id)

Unggahan tentang Banser adalah besan PKI beredar dengan menyeret nama Presiden Jokowi dan para tenaga medis.

Suara.com - Beredar sebuah unggahan yang menyebut bahwa Barisan Anshor Serbaguna (Banser) adalah besanan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Unggahan itu dibagikan akun Facebook Henra Pratama dengan menunjukkan sebuah foto Presiden Joko Widodo dan foto tenaga kesehatan yang merangkai sebuah kata bertuliskan "B.A.C.O.T.!".

Narasi dalam foto itu adalah sebagai berikut:

"BANSER ADALAH BESANAN DENGAN PKI".

Baca Juga: Moeldoko Sebut Purnawirawan Bisa Berubah Jika Sudah Memiliki Kepentingan

Cek fakta benarkah Banser adalah besan PKI? (Turnbackhoax.id)
Cek fakta benarkah Banser adalah besan PKI? (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Presiden Jokowi menyatakan Banser berbesanan dengan PKI?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, klaim yang menyatakan Presiden Jokowi mengatakan Banser adalah besan PKI merupakan klaim yang salah.

Faktanya, gambar itu adalah gambar editan yang didaur ulang. Foto yang digunakan merupakan momen saat Presiden Joko Widodo tengah meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran (23/7/2020) dan foto tenaga medis merangkai kalimat bertuliskan ‘#STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE’.

Foto Presiden Jokowi tersebut pernah digunakan oleh medcom.id pada pemberitaan “Jokowi Pastikan RS Darurat Korona Wisma Atlet Siap Digunakan”.

Baca Juga: Isu Kebangkitan PKI Muncul Lagi, Moeldoko: Lihat Kepentingannya

Mengutip isi berita tersebut, diketahui bahwa orang nomor satu di Indonesia itu tengah meninjau Rumh Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran.

Usai melakukan peninjaun Wisma Atlet, Jokowi diketahui mengadakan konferensi pers yang menyatakan jika Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran siap menampung tiga ribu pasien.

Sementara itu, tenaga medis di bagian bawah gambar itu telah disunting dari foto aslinya. Foto asli salah satunya diunggah oleh akun Twitter Kelinci Paskah yang berisi kampanye sosial media oleh tenaga medis agar tetap berada di rumah selama masa pandemi COVID-19.

Pada foto asli yang diunggah pada tanggal 17/03/2020 tenaga medis merangkai kalimat bertuliskan ‘#STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE’. Dalam narasinya, akun Kelinci Paskah mengajak khalayak untuk meringankan beban para petugas medis yang berjuang memerangi virus corona.

Kesimpulan

Dari penjalasan di atas, dapat disimpulkan jika konten yang menyatakan bahwa Banser adalah besan PKI merupakan konten yang dimanipulasi dan masuk dalam kategori berita hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS