alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Zombie Sebenarnya Pahlawan yang Dirikan Negara Islam?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Benarkah Zombie Sebenarnya Pahlawan yang Dirikan Negara Islam?
Fakta zombie adalah pahlawan Islam (Turnbackhoax.id)

Benarkah zombie merupakan pahlawan Islam yang deklarasikan negara Islam di Brasil? Simak penjelasan faktanya berikut!

Suara.com - Beredar narasi yang menyebut zombie merupakan seorang muslim. Zombie diklaim menjadi pahlawan Islam karena telah mendeklarasikan berdirinya negara Islam di Brasil.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Ummu Ami. Ia mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

"Ternyata Zombie adalah Pahlawan Islam. Sejarah mencatat, Zombie adalah pahlawan Islam dari Brazil. Pada tahun 1643, dengan gagah berani ia mendeklarasikan berdirinya Negara Islam di Brazil. Zombie bersama ulama dan rakyatnya berjihad melawan penjajah Portugis. Namun, kini oleh propaganda Barat, namanya dijadikan sebagai mahluk pembunuh."

Benarkah klaim tersebut?

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Pernyataan Dokter Eropa soal Covid-19 Tak Berbahaya?

Fakta zombie adalah pahlawan Islam (Turnbackhoax.id)
Fakta zombie adalah pahlawan Islam (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Dari penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (27/10/2020), klaim yang menyebut zombie adalah pahlawan Islam dan telah mendeklarasikan negara Islam di Brasil adalah klaim yang salah.

Faktanya, tidak ada bukti kuat yang menyebut nama Zumbi berasal dari kata zombie dan beragama Islam.

Kisah Zumbi juga tidak terkait dengan zombie maupun Islam. Ia lahir pada 1655 dan bertolak belakang dengan klaim pada 1643.

Dikutip dari BBC Indonesia, muncul spekulasi kata 'zombie' berasal dari bahasa Afrika Barat yakni 'ndzumbi' yang artinya mayat dalam bahasa Mitsogo di Gabon dan 'nzambi' yang artinya jiwa dari orang yang telah meninggal dalam bahasa Kongo.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Ada Warung Sop Alat Vital Kuda di Rungkut Surabaya?

Fakta zombie adalah pahlawan Islam (Turnbackhoax.id)
Fakta zombie adalah pahlawan Islam (Turnbackhoax.id)

Wilayah tersebut merupakan asal para budak di Eropa yang dipaksa pindah ke Hindia Barat untuk bekerja di perkebunan tebu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar